Rintihan Mbah Mustamit dari Dalam Sumur Gegerkan Warga Wonosobo

Senin, 24 Februari 2020 - 11:11 WIB
Rintihan Mbah Mustamit dari Dalam Sumur Gegerkan Warga Wonosobo
Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban tercebur sumur di Wonosobo. Foto/Dok. Basarnas Jateng
A A A
WONOSOBO - Warga digegerkan dengan suara rintihan dari dalam sumur di Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Senin (24/2/2020) dini hari tadi. Setelah ditelusuri, ternyata suara rintihan itu dari seorang kakek yang tercebur sumur.

Korban diketahui bernama Mustamit (58), warga Wonoroto RT 28/RW 7 Desa Tracap, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Diduga peristiwa nahas itu bermula saat korban sedang menimba air untuk berwudu di sumur milik tertangga.

"Tidak tahu persis awal mula kejadian tahu-tahu ada suara rintihan di dalam sumur. Setelah dilihat ada orang di dalam sumur," kata Kepala Basarnas Jateng Nur Yahya.

Warga pun segera melaporkan kejadian itu ke Basarnas untuk dilakukan evakuasi. Koordinator Basarnas Pos SAR Wonosobo, Hardi Amanurijal, segera membentuk tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai peralatan mountenering.

"Operasi SAR dengan metode Lowering. Satu rescuer turun ke dalam sumur disertai alat bantu Self Contain Breating Apparatus (SCBA) untuk mengikat korban ditarik ke atas dengan sistem lifting," kata Hardi.

Proses evakuasi harus dilakukan dengan hati-hati karena kedalaman sumur mencapai kurang lebih 10-14 meter. Sementara diameter 1 meter, sehingga petugas harus memperhitungkan pula saat mengangkat tubuh korban.

"Setelah upaya tim SAR gabungan pukul 06.30 WIB korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat lansung ditangani bidan Desa Tracap. Selanjutnya korban dibawa ke rumah kediaman dan operasi SAR dinyatakan selesai tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1961 seconds (0.1#10.140)