Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir di Jateng Terus Meluas

Selasa, 25 Desember 2018 - 18:00 WIB
Waspada! Hujan Lebat Disertai Petir di Jateng Terus Meluas
Cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah diperkirakan masih terus berlangsung hingga menjelang malam. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Cuaca buruk yang melanda sejumlah daerah di Jawa Tengah diperkirakan masih terus berlangsung hingga menjelang malam. Selain itu, hujan deras yang disertai petir dan angin kencang juga meluas ke beberapa daerah.

"Masih terjadi hujan dengan intensitas sedang–lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16.30 WIB di wilayah Batang, Kendal, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kebumen, Purworejo, Demak, Grobogan, dan sekitarnya," kata akun Twitter BMKG Jateng @bmkg_semarang, Selasa (25/12/2018).

"Dan dapat meluas ke wilayah Brebes, Blora, Boyolali, Sragen, dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIB," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kota Semarang diprakirakan dilanda hujan lebat disertai petir pada siang hingga awal malam nanti. Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di sejumlah daerah eks Karisidenan Surakarta bagian selatan. (Baca Juga: Hari Natal, Kota Semarang Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
"Semarang hujan ringan hingga sedang tersebar mulai siang sampai sore atau awal malam hari. Potensi hujan sedang sampai lebat disertai kilat atau petir dan didahului angin kencang terutama di wilayah selatan dan barat," kata Forecaster BMKG, Yoga Sambodo.

Dia menambahkan, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang tersebar merata di Jateng mulai dari siang sampai malam. "Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir dan didahului angin kencang di wilayah Jateng dan wilayah eks karesidenan Surakarta bagian selatan pada siang hingga sore hari," tutur dia.

Sementara angin bertiup dari arah barat laut sampai tenggara dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam dengan suhu udara berkisar 25 sampai 31 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara berkisar 60 sampai 92%.

"Untuk gelombang laut, di Laut Jawa yaitu 0,2 sampai 1,25 meter, sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1,5 sampai 2,5 meter," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0581 seconds (0.1#10.140)