Korban Meninggal Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman Jadi Enam Orang

Jum'at, 21 Februari 2020 - 21:36 WIB
Korban Meninggal Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman Jadi Enam Orang
BPBD Kabupaten Sleman menyebut korban meninggal susur sungai SMPN 1 Turi, Sleman menjadi enma orang. FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Korban meninggal dunia kegiatan susur sungai SMPN 1 Turi, Sleman bertambah menjadi enam orang. Lima telah berhasil diidentifikasi, sedangkan satu korban lagi belum jelas identitasnya.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, peserta susur Sungai Sempor di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Turi sebanyak 250 siswa. Dari jumalh itu, 239 siswa selamat dan telah terdata pihak sekolah, sedangkan lima lainnya masih dalam pencarian. Adapun korban meninggal dunia enam orang.

"Masing-masing Sofia Aulia, kelas 8, warga Sumberejo; Arisma, kelas 7, warga Ngentak, Tepan; Nur Azizah, kelas 8, warga Kembangarum; Latifa, warga Kembangarum, dua lainnya belum teridentifikasi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/2/2020) malam.(Baca Juga: Korban Selamat Susur Sungai SMPN 1 Turi Sleman: Arus Seperti Air Terjun)

Menurutnya, saat ini BPBD Kabupaten Sleman telah mendirikan pos komando di lokasi kejadian dan terus berkoordinasi dengan Basarnas, TNI, Polri, dinas terkait, sukarelawan dan warga setempat.

Insiden ini, kata Agus, menjadi pembelajaran bersama sehingga insiden serupa dapat dihindari. Apabila akan melakukan kegiatan penyusuran sungai, ini harus dilakukan oleh orang dewasa dan terlatih. Anak-anak dan remaja dilarang untuk melakukan penyusuran sungai mengingat sangat berisiko tinggi. Perlu juga memberitahu aparat pemerintah dan keamanan setempat.

"Di samping itu, aktivitas penyusuran dilakukan pada saat musim kemarau. Ketika ini dilakukan pada musim hujan, risiko air menjadi tinggi mengingat apabila hujan terjadi di sekitar hulu sungai akan berdampak pada arus dan volume air sungai hingga ke bagian hilir," katanya.(Baca Juga: Puluhan Siswa SMPN 1 Turi Sleman Terhanyut saat Susur Sungai, 4 Tewas)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2346 seconds (0.1#10.140)