Rusia Ancam Serang AS Jika Sebar Rudal di Eropa

Rabu, 20 Februari 2019 - 23:22 WIB
Rusia Ancam Serang AS Jika Sebar Rudal di Eropa
Putin mengatakan, Rusia akan menanggapi setiap penyebaran rudal jangka pendek atau menengah AS di Eropa dengan menargetkan tidak hanya di mana mereka ditempatkan, tetapi AS sendiri. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia mengancam Amerika Serikat (AS). Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut, Rusia akan menanggapi setiap penyebaran senjata nuklir jangka pendek atau menengah AS di Eropa dengan menargetkan tidak hanya negara-negara di mana mereka ditempatkan, tetapi AS sendiri.

Pernyataan itu disampaikan Puti dalam pidatonya di Parlemen Rusia. Menurut Putin, Moskow tidak mencari konfrontasi dan tidak akan mengambil langkah pertama untuk mengerahkan rudal sebagai tanggapan atas keputusan Washington bulan ini untuk mundur dari Perjanjian INF.

Namun, dia mengatakan bahwa reaksi Rusia terhadap penyebaran rudal apapun akan tegas dan bahwa pembuat kebijakan AS, yang beberapa di antaranya menurutnya terobsesi dengan status istimewa AS, harus memperhitungkan risiko sebelum mengambil langkah apa pun.

"Adalah hak mereka untuk memikirkan apa yang mereka inginkan. Tetapi dapatkah mereka menghitung? Saya yakin mereka bisa. Biarkan mereka menghitung kecepatan dan jangkauan sistem senjata yang kami kembangkan," kata Putin, seperti dilansir Reuters pada Rabu (20/2).

"Rusia akan dipaksa untuk membuat dan menggunakan jenis-jenis senjata yang dapat digunakan tidak hanya sehubungan dengan wilayah dari mana ancaman langsung bagi kita berasal, tetapi juga sehubungan dengan wilayah-wilayah di mana pusat-pusat pengambilan keputusan berada," tukasnya, merujuk pada Washington.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8157 seconds (0.1#10.140)