alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Tips Memasak Omelet Agar Tambah Mantab

Diana Rafikasari
Begini Tips Memasak Omelet Agar Tambah Mantab
Telur dadar atau omelet kerap dipilih sebagai menu sarapan yang simpel dan menyehatkan. Foto/Istimewa.

JAKARTA - Siapa yang tak kenal omlet atau telur dadar. Menu omelet kerap dipilih sebagai menu sarapan yang simpel dan menyehatkan. Kandungan nutrisi di dalamnya pun dapat menjadi tambahan energi untuk memulai hari.

Agar semakin nikmat, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti keju atau daun bawang yang akan membuat sesi makan Anda semakin nikmat.

Setiap negara memiliki caranya sendiri dalam menyiapkan omelet. Omelet India misalnya dimasak bersama bawang, ketumbar, cabai hijau dan rasanya pedas. Omelet Prancis, dimasak dengan tomat dan rempah-rempah. Omelet Italia atau yang dikenal juga dengan frittata sarat dengan sayuran, keju dan pasta. Sedangkan tamagoyaki, omelet Jepang dimasak bersama kecap dan bonito.



Sedangkan omelet Spanyol dimasak bersama kentang seperti di Amerika Serikat, mereka juga menambahkan ham dalam omelet. Sementara, membuat omelet bukan perkara mudah. Anda mungkin sering memasaknya, tetapi banyak orang kerap gagal ketika membaliknya, omelet menjadi pecah dan Anda tidak punya pilihan selain mengubahnya menjadi telur orak-arik. Berikut ini tips membuat omelet yang sempurna seperti dilansir dari Times of India.

1. Memotong bahan dengan benar
Langkah paling penting adalah memotong bahan dengan benar. Jika bahan dipotong dalam ukuran besar, tidak akan matang dengan baik sehingga omelet menjadi hambar dan tidak mengembang.

2. Memasak dengan benar
Panaskan wajan dan tambahkan dua atau tiga sendok teh minyak atau mentega. Jika minyak sudah benar-bemar panas, tambahkan adonan telur yang sudah dikocok, tutup dan masak dengan api kecil. Menutup wajan akan membuat omelet menjadi lebih mengembang. Masukkan spatula ke dalam telur secara perlahan dan balik secara perlahan. Seringkali omelet pecah karena terburu-buru membalik telur yang sudah setengah matang. Idealnya telur harus matang terlebih dahulu dan Anda baru bisa membaliknya.

3. Tambahkan keju
Jika Anda ingin menambahkan keju pada omelet, pastikan menambahkan tepat pada waktunya. Jika menggunakan keju krim, tambahkan ketika omelet telah dibalik dan tutup dengan melipat telur. Cara ini akan melelehkan keju dengan baik. Jika Anda menambahkan keju parut, lakukan saat telur hampir matang dan pastikan Anda menutupi telur dengan penutup dan masak dengan api kecil selama 2 menit.



(nun)