alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PSSI Ingatkan Klub Sepak Bola Lebih Disiplin

Muhammad Mirza
PSSI Ingatkan Klub Sepak Bola Lebih Disiplin
PSSI ingin agar penyelenggaraan LIga 1 dan Liga 2 musim 2020 lebih disiplin, khususnya soal waktu pertandingan. Foto/PSSI

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengingatkan kepada penyelenggara Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 agar tidak menunda atau mengubah jadwal seenaknya. Setiap klub harus lebih disiplin dibanding musim sebelumnya. 

Ini diutarakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Polri di Ballroom Hotel Century, Jakarta, Kamis (20/2). Iwan Bule biasa dia disapa mengaku akan bertindak tegas terhadap klub yang tidak menghormati jadwal pertandingan, salah satunya dengan memberi sanksi.

“Kami sudah jelas. Kalau pihak Polri pastikan tidak ada jadwal berubah, maka tidak ada klub yang bisa mundur atau menunda. Nanti, ada sanksi dari kami. Karena kami juga tahu Polri pekerjaannya banyak. Bukan cuma amankan sepak bola,” jelasnya.



Ultimatum ini dikeluarkan karena peserta Liga 1 atau Liga 2 punya kecenderungan mengubah waktu atau menunda pertandingan, biasanya menjelang puasa, Lebaran atau Natal. Bila kedua klub yang akan bertanding sepakat untuk menunda, maka laga akan digelar dikemudian hari.

“Beliau (Porli) ini jalankan kamtibmas, ada penegakan hukum perlindungan pengayoman, pelayanan, belum lagi jadwal harian yang memang jadi pusat konsentrasi pengamanan seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan sebagainya,” ujar Iwan Bule.

Selain para peserta Liga 1 dan Liga 2, PSSI juga berharap pihak kepolisian patuh dengan draft dan tak mengubah jadwal pertandingan. Apalagi tahun ini bakal digelar dua agenda besar yaitu PON Papua dan Pilkada.

“Masalah ini akan kami rumuskan kira-kira apa yang jadi solusi kalau tiba-tiba polisi harus menunda. Katakan ada kejadian yang tidak terprediksi seperti bencana alam kan tidak mungkin polisi tetap memberikan izin pertandingan. Ini akan kami rumuskan,” tandasnya.



(amm)