Longsor Galian C, Penambang Lari Tunggang Langgang

Rabu, 20 Februari 2019 - 17:04 WIB
Longsor Galian C, Penambang Lari Tunggang Langgang
Kodisi truk rusak parah akibat terkena longsor. FOTO/IST
A A A
DEMAK - Sejumlah penambang lari tunggang langgang saat area tambang galian C mendadak longsor di Rowosari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Jateng. Satu orang dilaporkan terluka akibat terlambat lari bersama rekan-rekannya.

“Lokasi longsor ada di Rowosari. Ada banyak penambang di lokasi tambang. Mereka sedang melakukan penggalian. Kejadian sekira oukul 11.30 WIB,” kata anggota Basarnas Jateng, Setio Topan Dirgantara, Rabu (20/2/2019).

Dia menjelaskan, peristiwa nahas bermula saat sejumlah penambang asyik menggali secara manual dengan peralatan sederhana. Mendadak, batu besar di atas lokasi tambang bergetar dan menggelinding. Seketika warga yang melihat, berteriak meminta para penambang lari menyelamatkan diri.

“Orang yang ada di warung melihat batu besar di atas tambang jatuh, akibatnya tanah di bawahnya ikut longsor. Para penambang langsung disuruh lari. Tapi ada satu orang yang terkena longsoran. Menderita luka ringan ringan saja,” terangnya.
Longsor Galian C, Penambang Lari Tunggang Langgang

Sejumlah truk rusak akibat terkena longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.


Dalam kejadian ini dilaporkan tak ada korban jiwa. Meski demikian, sejumlah truk yang tengah menunggu muatan galian C, tertimbun longsor hingga rusak berat. Awak truk juga tak ada yang berada dalam truk sehingga semuanya dinyatakan selamat.

“Sopir-sopir ada diwarung sehingga semua selamat. Demikian pula penambang juga selamat, hanya satu orang luka ringan. Tadi dari Basarnas juga mau ke lokasi, tapi saya cegah karena dipastikan tak ada korban yang terjebak longsor,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.1727 seconds (0.1#10.140)