Melihat Tim Puma, Pasukan Khusus Atasi Bandit di Pantura Pemalang

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:25 WIB
Melihat Tim Puma, Pasukan Khusus Atasi Bandit di Pantura Pemalang
Tim Puma, pasukan khusus menangani bandit, menunjukkan kemampuannya di halaman Mapolres Pemalang, Rabu (19/2/2020). FOTO/iNews
A A A
PEMALANG - Pasukan khusus dengan kemampuan di atas rata-rata menjadi andalan untuk mengantisipasi bandit-bandit di Pemalang. Terlebih, sepanjang jalur pantura masih memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Pasukan khusus tersebut merupakan sebuah tim yang dibentuk dari Satuan Sabhara Polres Pemalang. Mereka menjalani latihan intensif secara khusus oleh Batalyon B Pelopor Brigade Mobil Pekalongan Polda Jawa Tengah.

"Tim dilatih secara khusus, untuk menangani situasi yang khusus dan dilengkapi dengan peralatan-peralatan khusus," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di halaman Mapolres Pemalang, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, satuan-satuan Kepolisian di seluruh dunia sangat lazim memiliki pasukan-pasukan khusus. Di antaranya adalah Spesial Weapons and Tactics (SWAT) yang dikhususkan untuk menghadapi situasi tertentu.

"Tujuan utamanya pembentukan tim khusus ini, tentunya untuk memberikan rasa aman pada masyarakat. Pengamanan dan pengawalan VVIP, menangani kejahatan-kejahatan yang berintensitas tinggi dengan menggunakan persenjataan, dan tentunya dapat diperbantukan dalam pengamanan Pilkada di wilayah Kabupaten Pemalang," katanya.

Jenderal bintang dua itu pun mengingatkan para pelaku kejahatan untuk tidak coba-coba melakukan tindak kriminal, terutama wilayah Kabupaten Pemalang. Keberadaan pasukan khusus ini diharapkan bisa menekan angka kejahatan dan melindungi masyarakat.

"Kepada para calon pelaku kriminal dan para bandit, jangan coba-coba, karena Tim Puma sudah dilatih. Mudah-mudahan bisa memberikan efek gentar kepada calon-calon bandit untuk tidak melakukan kejahatan di Kota Pemalang, karena saat ini Polres Pemalang memiliki pasukan khusus Puma," katanya.

"Yang menjadi concern kita, kejahatan jalanan seperti premanisme, penganiayaan, pengeroyokan, pengrusakan, termasuk kasus terorisme, radikalisme, dan pengamanan VVIP," katanya.

Dia menjelaskan, Tim Puma merupakan kependekan dari Penjaga Gangguan Kota Pemalang. Pasukan ini di bawah pembinaan Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu. "Hari ini saya telah menutup pelatihan sekaligus mengukuhkan pembentukan tim khusus Puma, yang merupakan singkatan dari penjaga gangguan Kota Pemalang," ucapnya.

Atas inovasinya, Kapolres Pemalang mendapatkan apresiasi dari Kapolda Jateng dalam membentuk tim khusus untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. "Pembentukan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan bisa dijadikan contoh atau teladan bagi satuan-satuan kepolisan lain di jajaran Polda Jawa Tengah," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2201 seconds (0.1#10.140)