alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Evakuasi Korban Tergencet Truk Molen, Basarnas Terjunkan Alat Canggih

Taufik Budi
Evakuasi Korban Tergencet Truk Molen, Basarnas Terjunkan Alat Canggih
Tim penyelamat menggunakan alat canggih untuk mengevakuasi korban tertimpa truk molen di Jalan Gatot Subroto Semarang, Rabu (19/2/2020). FOTO/iNews/TAUFIK BUDI

SEMARANG - Evakuasi korban tertimpa truk molen yang terguling di Jalan Gatot Subroto Semarang berlangsung dramatis. Tim penyelamat harus menerjunkan alat canggih untuk mengangkat bodi truk agar bisa mengevakuasi korban.

"Proses evakuasi menggunakan alat ekstrikasi untuk membuka akses evakuasi dengan mengangkat bodi truk dengan ramp jack hidrolis," ujar Kepala Basarnas Jateng Nur Yahya, Rabu (19/2/2020). "Penyelamatan evakuasi melibatkan tim SAR gabungan di antaranya Polrestabes, Damkar, Polsek, Koramil, SARDA Kota Semarang," katanya.

Setelah kerja keras selama kurang lebih satu jam, korban bernama Yatno warga Jalan Borobudur Barat lV RT 5/14 Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngalian, Kota Semarang, berhasil dievakuasi. Nahas, nyawa korban tak tertolong. (Baca juga: Pengendara Motor Tewas Tertimpa Truk Material Bangunan di Semarang)



"Kondisi Yatno tertimpa bodi truk harus segera diselamatkan. Setelah upaya kurang lebih 1 jam korban berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke RSUP dr Kariadi Kota Semarang," katanya.

Sekadar diketahui, ekstrikasi bertanggung jawab untuk membebaskan korban yang terjebak di lokasi kejadian. Peralatan SAR ini memang digunakan dalam Vehicle Accident Rescue atau pertolongan korban kecelakaan di jalan raya.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan lalu lintas melibatkan truk molen Merak Jaya Beton dan sepeda motor di kawasan industri Jalan Gatot Subroto Kota Semarang. Pengemudi truk bernama Teguh Suryono asal Kadeg RT 4/RW 9 Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.

"Sebuah truk melaju dari barat ke arah timur diduga kuat mengalami rem blong. Teguh Suryono (sopir) tidak bisa mengendalikan sehingga menghantam gapura dan sebuah motor yang dikendarai Yatno. Kecelakaan terjadi sekira pukul 13.00 WIB siang," katanya.



(amm)