Dampak Virus Corona, Mendagri: Waspadai Perang Dagang AS-China

Rabu, 19 Februari 2020 - 09:00 WIB
Dampak Virus Corona, Mendagri: Waspadai Perang Dagang AS-China
Mendagri Tito Karnavian mewaspadai terjadinya perang dagang Amerika Serikat-China akibat dampak virus corona. FOTO/DOK.SINDOphoto
A A A
SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mewaspadai terjadinya perang dagang Amerika Serikat-China akibat dampak virus corona yang dalam waktu dekat ini diperkirakan bakal menghantam ekonomi global. Menurutnya, dampak paling signifikan adalah tekanan ekonomi nasional bagi Indonesia.

"Kita memang belum merasakan kepanikan publik, tapi dampak ekonomi dari China akibat virus corona. Bayangkan semua negara seperti di Hong Kong, Jepang, Singapura merasakan kepanikan sampai-sampai borong masker. Kita belum, masih oke, mungkin karena daya tahan kita bagus, iklim tropis bagus," kata Tito Karnavian saat menghadiri acara Rapat Kerja Percepatan Penyaluran Dana Desa di Semarang, Selasa (18/2/2020).

Tito menyatakan, guna mengantisipasi tekanan ekonomi global, desa-desa di Indonesia harus diperkuat. Yakni dengan memaksimalkan dana desa senilai Rp72 triliun yang sudah mulai ditransfer langsung secara bertahap ke 74.953 desa se-Indonesia.

"Begitu kita transfer, secepat mungkin dibelanjakan dalam satu bulan, dua bulan, tiga bulan ini. Itu antisipasi ketika dampak tekanan ekonomi sedang bergerak dan berjalan akibat virus corona dan juga perang dagang Amerika-China," ujar mantan Kapolri ini.

Dia menilai China merupakan raksasa ekonomi dunia. Sementara, Indonesia termasuk salah satu negara yang bergantung dengan produk-produk dari Negeri Tirai Bambu itu. "Barang-barang mesin, tekstil, buah-buahan, dan macam-macam kita impor dari Tiongkok. Tapi kita juga ekspor banyak ke sana mulai masalah garmen, produk pertanian," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1061 seconds (0.1#10.140)