Program Sekolah Integritas Diluncurkan di SMAN 1 Kendal

Selasa, 18 Februari 2020 - 17:27 WIB
Program Sekolah Integritas Diluncurkan di SMAN 1 Kendal
SMA Negeri 1 Kendal meluncurkan program Sekolah Berintegritas, Selasa (18/2/2020). FOTO/iNews/SUSILO Saputro.
A A A
KENDAL - SMA Negeri 1 Kendal meluncurkan program Sekolah Integritas bagi seluruh warganya, baik guru maupun siswa. Melalui program ini diharapkan setiap warga SMAN 1 Kendal memiliki nilai-nilai integritas di dalam dirinya.

Integritas bisa dilihat dari tindakannya, yaitu lebih mengutamakan kejujuran dan kebenaran. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus bisa mencetak siswa-siswi yang berintegritas, jujur, dan benar dalam bertindak. Saat ini banyak orang pintar, berpengetahuan tinggi, tapi tidak jujur dan menyalahi aturan atau kaidah yang berlaku.

Kepala SMAN 1 Kendal, Yuniarsih mengatakan, yang paling sederhana dalam penyelenggaraan sekolah integritas adalah kedisiplinan siswa. "Selain itu juga mengembangkan komitmen tanggung jawab siswa sehingga sekolah integritas di SMAN 1 Kendal berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Yang terpenting lagi dalam belajar dan ujian siswa dituntut untuk menjunjung tinggi kejujuran dibandingkan dengan prestasi," katanya.

Sementara bagi siswa, sekolah integritas bisa menjadi pemicu siswa untuk mengedepankan kedisiplinan dan kejujuran dalam belajar-mengajar. "Program zonasi yang dilaksanakan menjadikan siswa beragam. Untuk itulah program sekolah integritas ini untuk menjaga sikap dan karakter siswa agar tetap mempunyai kedisiplinan dan kejujuran," kata siswa SMAN 1 Kendal yang juga Duta Integritas, Alvaro Lusio.

Inspektur Kendal, Sugeng Prayitno mengapresiasi program sekolah integritas yang diluncurkan di SMAN 1 Kendal. Menurutnya, sebagai tunas bangsa, pendidikan karakter dan komitmen kejujuran perlu ditingkatkan sejak dini. "Meskipun pendidikan karakter lebih utama di keluarga tapi di sekolah sangat penting, karena sekolah tidak hanya tempat mencari ilmu dan keterampilan, tetapi juga mendidik karakter anak," katanya.

Selain meluncurkan sekolah integritas, SMA Negeri 1 Kendal juga melaksanakan pelatihan penyusunan pembelajaran antikorupsi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9536 seconds (0.1#10.140)