alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Magang Mahasiswa Vokasi, UNS Jalin Kerja Sama dengan Tiga Serangkai

Ary Wahyu Wibowo
Magang Mahasiswa Vokasi, UNS Jalin Kerja Sama dengan Tiga Serangkai
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho bersama CEO PT Tiga Serangkai Inti Corpora Eny Rahma Zaenah saat meninjau proses produksi di pabrik Tiga Serangkai, Selasa (18/2/2020). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan PT Tiga Serangkai Inti Corpora terkait magang profesional bagi mahasiswa vokasi. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho dan Chief Executive Officer (CEO) PT Tiga Serangkai Inti Corpora, Eny Rahma Zaenah, Selasa (18/2/2020).

Dalam sambutannya, Jamal Wiwoho menyinggung program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem. "Kalimat Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, kami harus lari ke kampus. Kami harus lari ke dunia industri. Dan dunia industri yang paling dekat dengan UNS adalah Tiga Serangkai," kata Jamal Wiwoho.

Pihaknya berharap agar mahasiswa sekolah vokasi UNS yang akan menjalani magang profesional diterima secara baik dan dapat memperoleh bimbingan dari PT Tiga Serangkai Inti Corpora. "Saya menitipkan mahasiswa saya, khususnya bagi mahsiswa kami di sekolah vokasi untuk magang di sini. Tiga Serangkai menjadi guru terbaik, terbaik ya di sini di dunia industri. Tidak hanya bicara soal teori tapi juga bicara soal praktik," katanya.



Eny Rahma Zaenah juga sependapat mengenai program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Pihaknya siap menerima mahasiswa UNS yang akan menjalani magang profesional. "Kami juga siap menempatkan tenaga ahli terbaik untuk mengajar sebagai dosen di UNS. Diharapkan dengan adanya dosen ahli, dapat ikut membantu membekali mahasiswa UNS dengan pengalaman di dunia industri yang matang," kata Eny Rahma Zaenah.

Sementara, kerja sama yang dijalin antara UNS dan PT Tiga Serangkai Inti Corpora meliputi ruang lingkup kegiatan akademik, seperti penyelenggaraan pendidikan, baik berupa perkuliahan, tutorial, magang kerja, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lebih spesifik dalam hal ini kerja sama ditujukan untuk menyiapkan mahasiswa sekolah vokasi UNS agar memiliki keahlian terapan tertentu. Baik Program Diploma II, Diploma III, dan Sarjana Sain Terapan atau Program Diploma IV.

Sebagai salah satu bentuk implementasinya, kerja sama ini akan menempatkan pembimbing lapangan dan pembimbing praktik yang akan memiliki tugas untuk memberikan orientasi peserta didik pada peraturan yang berlaku di perusahaan, merencanakan model bimbingan yang sesuai bagi peserta didik, menyusun program kegiatan untuk peserta didik meliputi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap, dan melakukan evaluasi pada peserta didik selama proses bimbingan dan membuat laporan tentang penilaian peserta.

Dalam penandatangan kerja sama itu, juga digelar tur keliling pabrik Tiga Serangkai yang selama ini dikenal sebagai perusahaan penerbit dan percetakan. Seluruh rombongan UNS ikut meninjau proses produksi buku mulai dari proses pencetakan, editing, hingga desain. Tidak hanya meninjau proses produksi, rombongan UNS juga ikut meninjau perpustakaan milik Tiga Serangkai.



(amm)