Mahasiswa UGM Didorong Bergaya Hidup Digital

Selasa, 18 Februari 2020 - 06:45 WIB
Mahasiswa UGM Didorong Bergaya Hidup Digital
Petugas sedang menerangkan soal layanan Digital Lounge @Campus di FEB UGM, Senin (17/2/2020). Foto/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melakukan kerja sama di bidang inovasi digital. Sebagai tindak lanjut, CIMB Niaga membuka Digital Lounge @Campus di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Senin (17/2/2020).

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan Digital Lounge @Campus merupakan kantor cabang digital yang disediakan untuk melayani mahasiswa, dosen, dan komunitas kampus. Fasilitas perbankanyang disediakan yaitu mesin self service banking (SSB) yang dapat melayani pembukaan rekening tabungan secara mandiri hanya dalam waktu 5 menit.

"Tersedia pula video banking untuk melayani transaksi finansial dan non-finansial, informasi produk, keluhan nasabah, serta layanan selfie picture. Termasuk mesin Tarik Setor Tunai (TST) untuk kemudahantransaksi keuangan nasabah," kata Tigor usai peresmian Digital Lounge @Campus FEB UGM, Senin (17/2/2020).

Di samping itu, Digital Lounge @Campus juga dilengkapi fasilitas untuk menunjang gaya hidup mahasiswa di era digital. Mulai dari coworking space dengan internet dan listrik gratis sebagai tempat untuk belajar dan diskusi kelompok, vending machine yang menyediakan aneka minuman ringan, hingga partnership corner yang menyajikan merchant-merchant menarik sesuai minat mahasiswa serta produk-produk mitra UKM yang transaksi pembayarannya menggunakan Scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dari aplikasi Go Mobile.

"Hal ini sebagai bagian komitmen CIMB Niaga mendukung program transaksi QRIS," katanya.

Tigor menambahkan, CIMB Niaga juga menyediakan fasilitas baru yaitu Student Club Lounge by CIMB Niaga yang terletak di sebelah Digital Lounge @Campus. Fasilitas tersebut dimaksudkan untuk memberikankemudahan bagi mahasiswa dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan positif di dalam kampus.

Dekan FEB UGM Eko Suwardi mengatakan Digital Lounge @Campus ini merupakan bentuk kerja sama antara fEB UGM dengan CIMB Niaga terutama dalam mendukung kegiatan mahasiswa. "Kerja sama ini juga sinergi saling memperkuat dari sisi perbankan berarti memperkuat proses pembelajaran di FEB UGM, mengenalkan digitalbanking, dan menambah literasi finansial di kalangan mahasiswa," kata Eko.

Menurut Eko, kerja sama ini juga merupakan hal positif karena CIMB Niaga bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berkualitas. "Pada saatnya mahasiswa juga bisa memperkuat CIMB Niaga, memperkuat industri perbankan, serta akan memperkuat Indonesia pada masa yangakan datang. Ini adalah satu bentuk sinergi yang kita bangun bersama demi kebaikan bersama untuk Indonesia," paparnya.

Hal yang sama diungkapkan Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Prof Paripurna. Ia mengatakan dengan adanya fasiliras Digital Lounge @Campus ini diharapkan dapat mengasulkan suatu kolaborasi yang bisa mempercepat terciptanya inovasi didgital yang menjadi keniscayaan dalam pengembangan ekonoimi
Indonesia."Saya kira keberadaan Digital Lounge @Campus ini tepat sekali dan diperlukan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2582 seconds (0.1#10.140)