Wali Kota Salatiga dan Wawali Input Data Sensus Penduduk Online

Selasa, 18 Februari 2020 - 00:15 WIB
Wali Kota Salatiga dan Wawali Input Data Sensus Penduduk Online
Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat input data sensus penduduk secara online di rumah dinas wali kota, Senin (17/2/2020). Foto/Dok. Prokompim Pemkot Salatiga
A A A
SALATIGA - Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris melakukan input data sensus penduduk secara online di rumah dinas Wali Kota Salatiga, Senin (17/2/2020). Yuliyanto mengajak masyarakat Salatiga untuk menyukseskan sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Salatiga.

"Saya juga minta seluruh ASN untuk berpartisipasi aktif dalam sensus penduduk online yang akan dimonitoring oleh pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah)," kata Yuliyanto.

Dengan mengetahui kondisi riil kependudukan melalui data yang akurat, akan memudahkan pemerintah dalam memperoleh gambaran tentang kebutuhan dari suatu wilayah. "Data tentang kondisi kependudukan merupakan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk diimplementasikan kepada masyarakat. Untuk itu, kami minta seluruh elemen masyarakat agar ikut menyukseskan sensus penduduk," katanya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Salatiga Satriono mengatakan, masyarakat bisa mengakses laman sensus secara mandiri. Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengisi sensus penduduk online secara mandiri, tetap akan ada pendataan dari BPS. "Pendataan akan dilaksanakan pada Juli 2020. Petugas akan mendatangi penduduk untuk input data," ujarnya.

Menurut dia, BPS menargetkan sensus penduduk online pada kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Salatiga bisa mencapai setidaknya 21%. Target tersebut diasumsikan kepada seluruh ASN di Kota Salatiga melakukan melakukan input data secara mandiri.

"Kami berharap kepada keluarga yang memiliki anak sekolah setingkat SMA dan kuliah juga akan melakukan input data secara mandiri," ujarnya.

Guna menyukseskan sensus penduduk 2020, kata Satriono, BPS juga akan rapat koordinasi di tingkat kecamatan pada 19-20 Februari. "Kita undang seluruh lurah dan kasi pemerintahan tingkat kelurahan dan kecamatan, kepala SMP, SMA, SMK/MA di wilayah tersebut ditambah anggota LPMK, Koramil, Polsek, Puskesmas. Dalam kegaiatan tersebut akan dilaksanakan praktik sensus online, agar para peserta bisa paham dan bisa langsung menginput secara mandiri," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1242 seconds (0.1#10.140)