Dies Natalis ke-44, UNS Berikan Penghargaan Kepada Wapres Maruf Amin

Senin, 17 Februari 2020 - 20:30 WIB
Dies Natalis ke-44, UNS Berikan Penghargaan Kepada Wapres Maruf Amin
Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho saat memberikan keterangan pers terkait Dies Natalis ke-44, Senin (17/2/2020). FOTO/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Wakil Presiden Maruf Amin dijadwalkan menghadiri puncak Dies Natalis ke-44 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada 11 Maret 2020 mendatang. Wapres juga akan menerima penghargaan UNS Award karena dinilai berjasa di bidang perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho mengatakan, memperingat Dies Natalis ke-44, UNS menggelar rangkaian kegiatan dengan tema Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa. "Tema mengandung makna bahwa segenap sivitas akademika UNS mempunyai komitmen bersama untuk mengembangkan reorientasi pembelajaran 4.0 untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui inovasi Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Prof Jamal Wiwoho, Senin (17/2/2020).

Diharapkan, tema Dies Natalis ke-44 tahun ini dapat memberikan spirit kepada sivitas akademika untuk segera beradaptasi dan memiliki fleksibilitas dalam mewujudkan sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang sesuai dengan tuntutan industri dan perekonomian dunia. Sekaligus untuk mewujudkan UNS sebagai World Class University (WCU). Puncak Dies Natalis ke-44 akan dilaksanakan pada 11 Maret 2020 di Auditorium GPH Haryo Mataram dengan agenda Sidang Senat Terbuka Dies Natalis.

Pada kegiatan ini akan dianugerahkan penghargaan UNS Award kepada Maruf Amin dan Anugerah Seni kepada Waldjinah. Penghargaan kepada Wapres Maruf Amin dengan pertimbangan karena memiliki tindakan nyata dalam menggerakkan ekonomi syariah di Indonesia. "Ini juga dibuktikan dengan UNS memiliki kerja sama yang baik dengan Komite Nasional Keuangan Syariah. Hal-hal ini yang menjadi pertimbangan kami memberikan penghargaan," katanya.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-44 UNS, Profesor I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani mengatakan, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-44 ini dibagi dalam 4 kategori kegiatan utama, yaitu Bidang Pengabdian Masyarakat, Bidang Kegiatan Ilmiah, Bidang Kegiatan Olahraga, Seni dan Budaya serta Bidang Kegiatan Seremonial Dies Natalis ke-44 UNS.

Sidang senat juga akan disampaikan Orasi Ilmiah oleh Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brojonegoro. "Sivitas akademika UNS yang hadir dalam Sidang Senat Terbuka ini akan mengenakan pakaian adat nusantara," ujar Prof Ayu.

Dalam puncak kegiatan Dies Natalis ke-44 UNS tersebut, turut dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi baik dari dalam dan luar negeri. Rektor dari dalam negeri yang hadir antara lain yaitu Prof Ari Kuncoro dari Universitas Indonesia, Prof Panut dari UGM, Prof Runtung Sitepu dari USU, Prof Nur Hasan dari Universitas Negeri Surabaya, Prof Ganepri dari UNP Padang, Prof Mas Jaya dari Universitas Mulawarman dan lain-lain.

Sedangkan tamu dari luar negeri yang akan hadir yaitu Vice President for Coorperation Universite de Limoges France, Prof Celine Meslier; Dean Faculty of Economics and Management Universitas Putra Malaysia, Prof Azali Mohammed; dari Universitas da Paz Timor Leste diwakili oleh Pro Rektor Urusan Dalam dan Luar Negeri, Luis Pereira Cardoso dan Leonardo BB Amaral.

Kemudian dari MIHO Institute of Aesthetics, Japan diwakili oleh Charged in Job Placement Department dan Profesor Emeritus, Prof Masakatsu; dari Kokushikan University, Japan diwakili oleh Director of International Center dan Vice Director of International Center.

Ditambahkannya, dalam peringatan Dies Natalis tahun ini, UNS juga akan memberikan penghargaan kepada 64 orang Doktor baru serta 12 alumni berprestasi dari masing-masing fakultas yang ada di UNS. Alumni tersebut dipilih melalui seleksi dan dinilai memiliki prestasi di bidangnya dan layak untuk memperoleh penghargaan. Dalam Dies Natalis ke-44 ini, UNS akan menerjunkan dosen, mahasiswa dan alumni dalam kegiatan UNS Mengajar Indonesia.

Penanggung jawab UNS Mengajar Indonesia, Djono mengatakan, UNS Mengajar Indonesia adalah kegiatan mengajar yang dilakukan oleh semua dosen berjumlah 1.600, mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 1.700 mahasiswa, dan alumni yang tersebar di seluruh Nusantara bekerja sama dengan IKA UNS. UNS Mengajar akan berlangsung pada Februari–Maret 2020.

Kegiatan UNS Mengajar ini sebagai bentuk pengabdian dan komitmen UNS untuk memajukan pendidikan dan peningkatan SDM bangsa yang unggul. Untuk tema kegiatan UNS Mengajar adalah Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Kualitas SDM Unggul Berdasar Pancasila.

"Setiap dosen dan mahasiswa serta alumni yang mengajar mendokumentasikan kegiatannya dalam bentuk video dengan durasi sekitar 2 menit," kata Djono.

Kegiatan Dies Natalis ke-44 UNS lainnya antara lain Lomba Pidato Konstitusi yang diikuti 7.809 Kepala Desa/Lurah se-Jawa Tengah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9934 seconds (0.1#10.140)