Kemlu Pastian Kondisi WNI di Diamond Cruise Baik dan Terus Bekerja

Minggu, 16 Februari 2020 - 22:47 WIB
Kemlu Pastian Kondisi WNI di Diamond Cruise Baik dan Terus Bekerja
Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan para warga negara Indonesia yang berada di dalam kapal pesiar Diamond Cruise saat ini dalam kondisi baik. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - KEMENTERIAN LUAR NEGERI (KEMLU) INDONESIA MEMASTIKAN WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) YANG BERADA DI DALAM KAPAL PESIAR DIAMOND CRUISE SAAT INI DALAM KONDISI SEHAT. - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia memastikan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di dalam kapal pesiar Diamond Cruise saat ini dalam kondisi sehat.

Kemlu mengatakan, para WNI tersebut juga masih terus melanjutkan pekerjaan mereka di kapal pesiar tersebut.

Ada lebih dari 3.600 orang di kapal pesiar yang telah berlabuh di Yokohama, Jepang sejak 4 Februari. Kapal yang tengah di karantina itu adalah tempat terjadinya wabah virus yang terbesar, yang secara resmi dinamai Covid-19, di luar China.

Saat ini setidaknya ada 355 orang yang telah terkonfirmasi terpapar Covid-19 di dalam kapal pesiar tersebut. Jumlah ini termasuk temuan 70 orang baru yang terpapar virus tersebut pada hari ini.

"Pemeriksaan medis untuk pengecekan kondisi mereka berlangsung tiap hari oleh otoritas kesehatan yang berwenang di Jepang. Kondisi mereka baik dan sehat sembari terus bekerja," kata juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah kepada Sindonews pada Minggu (16/2/2020).

Ketika ditanya apakah Pemerintah Indonesia berencana untuk mengevakuasi para WNI yang ada di dalam kapal pesiar tersebut. Pria yang kerap disapa Faiza itu mengatakan tidak ada rencana evakuasi, karena para WNI tersebut memilih untuk bertahan hingga masa karantina selesai.

"Tidak (ada rencana evakuasi). Dari komunikasi mereka dengan pihak Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) di Tokyo, mereka memilih untuk menyelesaikan karantina di kapal tersebut," ungkapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3420 seconds (0.1#10.140)