Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari Dimulai dari Yogya

Minggu, 16 Februari 2020 - 22:08 WIB
Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari Dimulai dari Yogya
Sekitar 10 ribu warga mengikuti kampanye Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari di alun Alun Selatan Yogya, Minggu (16/2/2020). FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Beraktivitas seharian membutuhkan energi yang banyak. Dengan mengkonsumsi sarapan sehat akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, meningkatkan energi dan dapat berkonsentrasi lebih baik serta menjaga berat badan ideal.

Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Raisa E Djuanda MGz, SpGK menyebut sarapan yang baik adalah sarapan dengan nutrisi yang lengkap dan dilakukan setiap hari, bukan hanya sekali-sekali.

Menurutnya, orang dewasa yang secara teratur sarapan sehat setiap pagi, lebih mungkin mengonsumsi cukup vitamin dan mineral, mengontrol berat badan.
Sedangkan sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. “Anak yang tidak melakukan sarapan akan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi yang rendah,” terang dr Raisa E Djuanda saat menghadiri ‘Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari’ di Alun-Alun Selatan Yogyakarta, Minggu 16/02/2020) pagi.

Tentag pentingnya sarapan ini juga disampaikan oleh Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof Dr Hardinsyah, MS, Menurutnya sarapan sehat penting dilakukan setiap hari, tidak boleh dilewatkan.

“Sarapan yang baik juga tidak hanya asal kenyang saja, tetapi harus dengan menu sarapan bergizi. Menu sarapan bergizi adalah yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Semua gizi ini harus terpenuhi dan ada saat sarapan,” terangnya.

Berdasarkan hasil riset pada 2011 silam, Prof Hardinsyah menyebut masih ada 7 dari 10 anak Indonesia kekurangan gizi sarapan serta masih kurangnya kesadaran akan pentingnya sarapan sehat setiap hari.

“Inilah yang kemudian menginspirasi Energen untuk menggelar kampanye ‘Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari’ dan merupakan kelanjutan komitmen dari tahun ke tahun,” tambah Senior Brand Manager Energen, Cynthia Ruslan.

Kampanye ‘Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari’ ini telah digulirkan sejak 2015 lalu. Untuk tahun 2020 ini akan dilaksanakan di 15 kota. Road show dimulai dari Yogyakarta yang bertepatan dengan Hari Sarapan Nasional. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 10 ribu warga Yogya.

Melalui Gerakan Nasional Sarapan Sehat Setiap Hari ini, Energen ingin berpartisipasi mewujudkan misi membangun generasi Indonesia yang sehat, cerdas dan aktif melalui komitmen dalam menyediakan produk susu sereal yang bernutrisi.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0169 seconds (0.1#10.140)