Ratusan Guiding Block di Pedestrian Kotabaru Hilang

Minggu, 16 Februari 2020 - 20:15 WIB
Ratusan Guiding Block di Pedestrian Kotabaru Hilang
Ratusan guiding block di pedestrian Jalan Suroto Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta kembali hilang. FOTO : DOK Forpi Kota YOgya
A A A
YOGYAKARTA - Ratusan guiding block di pedestrian Jalan Suroto Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta kembali hilang. Pada Februari 2019 lalu kasus serupa juga terjadi. Ratusan petunjuk jalan bagi penyandang tuna netra ini hilang tak diketahu rimbanya.

“Sepanjang depan gedung Bentara Budaya Yogyakarta hingga depan kantor Partai Golkar DIY ada sekitar 101 guiding block yang hilang, terang Anggota
Forum pemantau independen (Forpi) Kota Yogyakarta Baharudin Kamba dalam siaran pers yang diterima SINDOnews.

Minggu (16/02/2020) sore, Forpi Kota Yogya memang tengah melakukan pemantauan guiding block yang berada di kawasan pedestrian jalan Suroto.
Dari pemantauan itu diketahui guiding block yang paling banyak hilang adalah di utara Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Yogyakarta yakni sebanyak 25 keping.

Guding block di jalan ini memang rentan terlepas karena karena sering dilintasi kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Terkait dengan kembali hilangnya guiding block yang berada di kawasan pedestrian jalan Suroto Kotabaru, Forpi berharap OPD terkait dapat segera memperbaikinya.

“Jika tidak ini akan menyulitkan para penyandang tuna netra untuk mengakses petuntuk berupa guiding block yang hilang,” terangnya.

Forpi juga mendorong penambahan CCTV dikawasan pedestrian Jalan Suroto. Dengan penambahan CCTV, diharapkan ada respon cepat dari OPD terkait jika guiding block hilang atau lepas.

“Kami belum dapat memastikan penyebab 101 guiding block di kawasan pedestrian Jalan Suroto hilang. Namun kami menduga hilang atau lepasnya guiding block karena kurang padatnya baut yang dipasang sehingga rawan lepas,” terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)