Wartawan Bantul Bedah Rumah Warga Tak Mampu

Minggu, 16 Februari 2020 - 18:04 WIB
Wartawan Bantul Bedah Rumah Warga Tak Mampu
Bupati Bantul Suharsono dan Ketua FPB Santoso Suparman menjenguk Kasih, difabel yang juga warga tak mampu. FOTO: SINDOnews/Ainun Najib
A A A
BANTUL - Puluhan wartawan Bantul yang tergabung dalam Forum Pewarta Bantul (FPB), Minggu (16/2/2020) menggelar bakti sosial di RT 04, Polaman, Sendangsari, Kecamatan Pajangan Bantul.

Bakti sosial ini menyasar seorang warga difabel yang juga kurang mampu, Kasih,50. Wanita yang menderita lumpuh ini tak punya tempat tinggal. Sehari-hari dia hanya tergolek tak berdaya di dipan reyot menumpang di emperan belakang rumah kakaknya Sri Murti,68.

Emperan tempat tinggal Kasih ini tak berdinding, hanya sebuah terpal seledarnya untuk menahan dinginnya malam. Kalau hujan turun, beberapa bagian atap bocor.“Kalau diajak ke dalam adik saya tidak mau,” terang Sri Murti.

Sri Murti menceritakan, sewaktu muda adiknya ini pernah berkelana ke luar daerah, bahkan dia pernah berumahtangga dan memiliki dua anak. Namun hingga saat ini tidak diketahui kebearaan kedua anaknya itu. Konon telah diadopsi orang lain. Kasih juga pernah bekerja di Pasar Bantul sebagai buruh cuci piring.

Melihat kondisi Kasih yang memperihatinkan ini, wartawan dari berbagai media yang biasa liputan di Bantul berinisiatif untuk menggelar baksos ’bedah rumah’. Secara gotong royong wartawan iuran untuk dibelikan material bangunan.“Selain saweran wartawan, kita juga dibantu sejumlah pihak seperti Pak Bupati,wakil bupati, Humas Protokol dan lainnya,” terang Ketua FPB Santosa Suparman.
Wartawan Bantul Bedah Rumah Warga Tak Mampu

Ketua Forum Pewarta Bantul (FPB) Santosa Suparman (kiri) dan Bupati Bantul Suharsono secara simbolis memulai pembangunan bedah rumah di Polaman, Sendangsari, Pajangan.

Penyerahan uang bantuan, material dan bingkisian secara simbolis dilakukan oleh Santoso Suparman dan Bupati Bantul Suharsono. “Baksos ini juga dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2020. Semoga ini bisa bermanfaat,” terang Santosa.

Sementara itu Bupati Bantul, Suharsono mengucapkan terimakasih atas inisiatif dan kiprah FPB. “Kami ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan wartawan yang sudah membantu warga saya. Semoga kegiatan positif seperti ini bisa mengispirasi yang lain,” terangnya.

Kegiatan bedah rumah ini dilakuan secera gotng royong antara wartawan, relawan, karangtaruna Polaman dan warga setempat. Gotong royong akan dilanjutkan lagi pada Rabu (19/2/2020).
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0295 seconds (0.1#10.140)