Ponpes Al Mukmin Ngruki Belum Tahu Adik Abu Bakar Baasyir Bebas

Selasa, 19 Februari 2019 - 20:12 WIB
Ponpes Al Mukmin Ngruki Belum Tahu Adik Abu Bakar Baasyir Bebas
Tampak Noim Baasyir, adik kandung Ustadz Abu Bakar Baasyir yang hari ini bebas murni dari Lapas Klas II B Tulungagung. Noim merupakan mantan napi kasus teroris. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
SOLO - Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah belum mengetahui kabar bebasnya, Noim Baasyir, adik Ustaz Abu Bakar Baasyir dari Lapas Kelas II B Tulungagung, Jawa Timur. Selama ini, Noim Baasyir tidak tinggal di dalam ponpes yang diasuh oleh kakaknya tersebut.

Humas Ponpes Al Mukmin, Ngruki, Muchshon mengatakan, pihaknya tidak tahu apa apa tentang khabar bebasnya adik ustaz Abu Bakar Baasyir. “Di kantor juga tidak ada yang cerita atau membicarakan khabar itu,” kata Muchson saat dihubungi Sindonews, Selasa (19/2/2019). Sementara, di dalam Ponpes yang tinggal hanya putera Abu Bakar Baasyir dan istri. Dirinya tidak tahu siapa saja adik Ustaz Abu Bakar Baasyir, termasuk tempat tinggalnya. Karena tidak tinggal di dalamnya, suasana Ponpes Al Mukmin Ngruki juga tidak ada apa apa.

Terpisah, putera Ustaz Abu Bakar Baasyir, Abdul Rochim Baasyir atau Ustaz Iim mengatakan, dirinya mendapat khabar tentang bebasnya Noim Baasyir pada sore hari setelah diberitahu teman. Dirinya juga tidak ikut menjemput sewaktu pamannya bebas dari penjara. Selama ini, Noim Baasyir tinggal di sekitar Tanjunganom. Dirinya juga jarang bertemu dengan keluarga Noim Baasyir, dan hanya sesekali ketika silaturahmi.

Istri Noim Baasyir juga tidak memberitahu dirinya ketika suaminya bebas. “Nggak tahu kok nggak dikabari,” kata Ustaz Iim. Dirinya juga belum menghubungi keluarga Noim Baasyir karena saat ini juga baru repot dengan urusan pesantren. Dalam keseharian, pekerjaan pamannya serabutan, seperti berdagang dan terkadang pekerjaan lainnya.

Sebagaimana diberitakan, Adik Ustaz Abu Bakar Baasyir, Noim Baasyir menghirup udara bebas, Selasa (19/2/2019). Narapidana kasus terorisme yang mendekam di Lapas Kelas II B Tulungagung, Jawa Timur telah menyelesaikan masa hukuman enam tahun penjara. "Iya, hari ini yang bersangkutan bebas murni," kata Kalapas Kelas II B Tulungagung Erry Taruna. Sebelumnya, Noim dituduh sebagai salah satu pimpinan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) yang terlibat kegiatan terorisme.

Pada tahun 2014 pengadilan menjatuhkan vonis enam tahun penjara. Noim menjalani hukuman dari penjara ke penjara. Sebelum menghuni Lapas Tulungagung mulai 25 Juli 2017, Noim sempat menghuni lapas Sumenep dan lapas Tuban. Di Tulungagung Noim hanya menjalani sisa hukuman dua tahun penjara. Noim juga sempat mendapat remisi dasawarsa selama tiga bulan. "Kurang lebih dua tahun di Tulungagung," terangnya. (Baca Juga: Rampung Jalani Hukuman, Adik Ustaz Abu Bakar Baasyir Bebas Murni(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4273 seconds (0.1#10.140)