alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang, Yogya Porakporanda

Suharjono
Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang, Yogya Porakporanda
Pohon Tumbang menimpa rumah warga Minggir, Sleman saat hujan disertai angin kencang, Jumat (14/2/2020) sore. Foto : Dok BPBD S

YOGYAKARTA - Hujan deras disertai angin kencang Jumat (14/2/2020) sore melanda Yogyakarta dan Sleman. Sejumlah pohon tumbang mobil tertimpa pohon hingga rumah rusak.

Petugas BPBD DIY Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul bekerja ekstra keras untuk melakukan evakuasi hingga pembersihan wilayah yang tersapu angin kencang.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, beberapa lokasi di DIY Jumat sore hujan deras disertai dengan angin kencang. Hingga pukul 17.00 WIB, pihaknya menerima laporan 13 titik yang mengalami hujan dan angin kencang di Kota Yogyakarta. Dari jumlah tersebut ada 6 pohon tumbang, 4 unit rumah mengalami kerusakan.



"Selain itu dilaporkan gedung pemerintahan, rumah sakit, satu unit mobil, satu unit motor yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang," terangnya kepada wartawan Jumat (14/2/2020).

Akibat kejadian ini jaringan listrik yang tertimpa pohon tumbang mati, dan sempat terjadi pula peningkatan volume air di Sungai Code dan Sungai Gajahwong, namun masih dalam ambang normal.

"Laporan detail belum masuk namun secara umum ada pohon tumbang, ada atap plafon yang ambruk, kemudian ada tembok parkiran (Rumah Sakit) Bethesda itu ambruk," tandasnya.

Hujan deras diserta angin kencang memberikan dampak kerusakan dan pohon tumbang kawasan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman. Bahkan dinding sisi timur Stadion Kridosono runtuh akibat angin kencang.

Dinding yang roboh berada di sebelah timur dengan panjang sekitar 20 meter dan tinggi dinding yang ambrol sekitar empat meter. Seluruh material yang ambrol menyebar ke sebelah timur stadion.

Menurut penuturan penjaga Stadion Kridosono Seno, 70 robohnya dinding tersebut diduga karena sudah rapuh dan tidak kuat menahan beban angin kencang. "Beruntung tidak ada warga yang berada di sebelah timur, karena biasanya ada beberapa pedagang keliling yang berhenti di dekat dinding tersebut," tuturnya.

Dikatakannya, dinding yang ambrol tersebut tepat berada di sisi utara pintu masuk sebelah timur. “Tadi pagi masih aman. Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB, anginnya kencang," imbuhnya.

Tidak hanya di Kota Yogyakarta, BPBD DIY juga menerima. Laporan ada 18 titik pohon tumbang di Kabupaten Sleman. Selain itu, sebuah tempat usaha mengalami kerusakan, satu buah reklame roboh, 13 rumah rusak dan satu tempat ibadah juga mengalami kerusakan.

Di Sleman akses ads dua akses jalan yang terganggu akibat pohon tumbang, serta ada tiga jaringan listrik dan satu jaringan telepon yang rusak.

Di Kabupaten Bantul, disebutkan dua titik angin kencang yang berdampak pada tumbangnya sebuah pohon dan dua unit rumah mengalami kerusakan. Serta satu mobil rusak tertimpa pohon.



(nun)