AAU-UII Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Riset

Selasa, 19 Februari 2019 - 16:21 WIB
AAU-UII Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Riset
Wakil Gubernur AAU Marsama TNI Fachri Adamy dan Rektor UII Fathul Wahid menandatangani kerja sama peningkatan kualitas pendidikan di VIP Room AAU, Selasa (19/2/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian. Perjanjian ditandatangani Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy dan Rektor UII Fathul Wahid di VIP Room AAU, Selasa (19/2/2019).

Selain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi, kerja sama tersebut juga sebagai payung hukum dalam bertukar ilmu pengetahuan baik di antara peserta didik maupun dosen.

Marsma TNI Fachri Adamy mengatakan, sebagai lembaga pendidikan yang mencetak lulusan untuk mengawal organisasi Angkatan Udara (AU), maka dituntut selalu meningkatkan kualitas peserta didiknya. Di antaranya dengan menjalin kerja sama dengan institusi lain.

"Khusus dengan UII ini, kerja sama bukan hanya pada materi pendidikan tapi juga soal fasilitas dan tenaga pengajar. Sehingga kualitas lulusan yang dihasilkan, baik di AAU maupun UII akan lebih baik seperti yang diharapkan," kata Fachri Adamy usai penandatangani perjanjian tersebut.

Fachri menjelaskan, kerja sama ini juga sebagai payung hukum untuk pengembangan potensi di kedua institusi. UII dan AAU bisa memanfaatkan dan mengunakan fasilitas yang ada, seperti laboratorium
maupun sarana dan prasarana lainnya untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

"Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini segera menyesuaikan program studi apa yang yang sesuai untuk dikembangkan, baik di AAU maupun UII," katanya.

Kerja sama ini juga sebagai implementasi dari tinjauan aspek tanggap AAU, yaitu dengan mengedepankan transfer ilmu pengetahuan. Tidak hanya sebatas penggunaan fasiitas pendidikan dan riset. Namun juga terbuka bagi dosen AAU dan UII untuk meningkatkan ke jenjang lebih tinggi.

Rektor UII Yogyakarta Fatul Wahid mengatakan kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk kemajuan dan perkembangan kedua institusi ke depan, baik untuk peningkatan kualitas akademik maupun karakter. Untuk itu, UII berharap nantinya AAU bisa memberikan pendidikan kepada mahasiswa UII tentang bela negara di tempat ini.

"Kami juga berharap banyak kegiatan lagi yang bisa dilakukan, sehingga akan membawa manfaat bersama. Untuk akademik kemungkinan program studi (prodi) Teknik Industri dan Teknik Elektro UII yang bisa disinergikan dengan AAU," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7606 seconds (0.1#10.140)