Pulang Kampung, Jokowi Dijadwalkan Resmikan Stadion Manahan Solo

Jum'at, 14 Februari 2020 - 20:42 WIB
Pulang Kampung, Jokowi Dijadwalkan Resmikan Stadion Manahan Solo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Praktikno, dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) saat meninjau Stadion Manahan Solo, Jumat (14/2/2020) sore. Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) malam. Peresmian salah satu venue yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tersebut cukup mendadak mengingat sebelumnya belum masuk agenda Presiden.

“Konsep tiba tiba nggak susah kok di Solo,” kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktikno, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman meninjau Stadion Manahan terkait persiapan peresmian oleh Presiden Jokowi, Jumat (14/2/2020) sore. Peresmian nantinya juga akan dihadiri para suporter Pasoepati. Setelah peresmian dilanjutkan laga antara Persis Solo dan Persib Bandung.

Diakui Rudy, peresmian Stadion Manahan yang tiba tiba karena dirinya yang meminta Presiden Jokowi secara langsung. “Saya minta besok kalau berkenan hadir, ada sepakbola, mencoba lapangan. Kalau berkenan lagi diresmikan sekalian,” ucapnya. Dengan peresmian itu, maka harapannya pengelolaan Stadion sekaligus dapat diserahkan kepada Pemkot Solo. Semula, peresmian akan dijadwalkan akhir Februari 2020.

Dalam perbincangan dengan Jokowi, dirinya juga menyampaikan bahwa hal ini sebagai awal edukasi untuk suporter dan pemain. Sebab Persis Solo yang bermain di Liga 2 akan menggunakan Stadion Manahan sebagai kandangnya. Sehingga saat menonton di Stadion Manahan besok, penonton sudah memakai gelang semua. Gelang itu sebagai tiket sekaligus tempat duduk yang harus ditempati. Saat diresmikan, stadion benar benar tertib dan bukan sekedar euoforia. Sebelum peresmian, nantinya juga ada laga antara Pemkot Solo melawan Pemrov Jawa Tengah, dan wartawan melawan suporter Pasoepati.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peresmian Stadion Manahan semula akan dibarengkan dengan peresmian Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo, akhir februari mendatang. Namun karena ada laga Persis Solo melawan Persib Bandung, Wali Kota Solo meminta untuk sekalian diresmikan. Peresmian ini sekaligus untuk melihat persiapan dalam menyongsong Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti. “Ada empat stadion pendukung yang harus diperbaiki,” ucapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1784 seconds (0.1#10.140)