alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Salat Jumat di Masjid Agung Sleman, Jokowi Disambut Antusias Warga

Priyo Setyawan
Salat Jumat di Masjid Agung Sleman, Jokowi Disambut Antusias Warga
Presiden Joko Widodo menyapa warga usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Slemaa, Jumat (14/2/2020). FOTO : Priyo Setyawan/SINDOnews

SLEMAN - Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Sleman, Jumat (14/2/2020). Jokowi bersama rombongan tiba pukul 11.25 WIB disambut Plh Sekda Sleman Purwatno Widodo bersama takmir Masjid Agung Sleman di pintu masjid tengah sisi utara. Setelah itu, Jokowi duduk di saf pertama atau baris pertama di belakang imam.

Salat Jumat itu dengan imam Shafiq Alhafidz yang kesehariannya menjabat imam Masjid Agung Sleman dengan khatib Wakil Dekan 1 FKH UGM, Agung Budiyanto. Dalam kutbahnya Agung memberikan penjelasan tentang kemuliaan manusia. Di mana Allah menjaga kemuliaan itu mulai penciptaan sampai akhir. Jika ada yang kehilangan kemuliaan bukan dari Allah tapi karena tingkah lakunya sendiri.

Usai salat Jumat, Jokowi sebelum meninggalkan masjid Agung Sleman menyapa warga, baik yang berada dalam masjid dan shalat Jumat bersama maupun yang ada di halaman masjid. Bukan itu saja Jokowi juga melayani warga yang ingin berfoto dengan dirinya serta membagikan kaos kepada warga sebelum meninggalkan masjid.



Warga sendiri terlihat antusias dengan kehadiran Jokowi di Masjid Agung Sleman tersebut. Terbukti usai salat warga yang melaksanakan shalat jumat berusaha menyalami dan foto dengan Jokowi. Termasuk para wanita dan yang tidak ikut shalat yang menunggu di luar masjid dan setelah Jokowi keluar langsung mengantre ingin bersalaman dan berfoto dengan Jokowi.

Jokowi dengan ramah dan sabar melayani para warga. Usai acara itu Jokowi meninggalkan masjid untuk makan siang sebelum ke Solo.

Takmir masjid Agung Sleman, Agaerul mengatakan mendapat informasi Presiden Jokowi akan salat Jumat di masjid Agung Sleman, Kamis (13/2/2020) siang. Meski begitu tidak ada acara khusus untuk penyambutan, hanya memasang tenda di depan masjid. "Jokowi merupakan presiden pertama yang sholat di masjid Agung Sleman ini," jelasnya.

Jokowi sendiri berada di Yogyakarta sejak Kamis (13/2/2020) dalam rangka kunjungan kerja meninjau Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Jurang Jero, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020) pagi dan dijadwalkan Sabtu (15/2/202) ke melanjutkan kunjungan kerja ke Karangangar dan Wonogiri.



(nun)