alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari Natal, Kota Semarang Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir

Taufik Budi
Hari Natal, Kota Semarang Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
Kota Semarang, Jawa Tengah diprakirakan bakal dilanda hujan lebat disertai petir pada siang hingga awal malam nanti. FOTO/DOK.SINDOnews

SEMARANG - Kota Semarang, Jawa Tengah diprakirakan bakal dilanda hujan lebat disertai petir pada siang hingga awal malam nanti. Kondisi serupa juga akan terjadi di sejumlah daerah eks Karisidenan Surakarta bagian selatan.

Kondisi cuaca itu diketahui berdasarkan pengamatan Satelit Himawari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang. Prakiraan cuaca Semarang dan sekitarnya berlaku hari ini mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB.

"Semarang hujan ringan hingga sedang tersebar mulai siang sampai sore atau awal malam hari. Potensi hujan sedang sampai lebat disertai kilat atau petir dan didahului angin kencang terutama di wilayah selatan dan barat," kata Forecaster BMKG Yoga Sambodo dikutip dari akun Twitter @bmkg_semarang, Selasa (25/12/2018).



Dia menambahkan, hujan dengan intensitas ringan sampai sedang tersebar merata di Jateng mulai dari siang sampai malam. "Potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat petir dan didahului angin kencang di wilayah Jateng dan wilayah eks Karisidenan Surakarta bagian selatan pada siang hingga sore hari," katanya.

Sementara itu, angin bertiup dari arah barat laut sampai tenggara dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam dengan suhu udara berkisar 25 sampai 31 derajat Celcius. Sedangkan kelembaban udara berkisar 60 sampai 92%.

"Untuk gelombang laut, di Laut Jawa yaitu 0,2 sampai 1,25 meter, sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1,5 sampai 2,5 meter," katanya.



(AMM)

loading...