alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gunung Merapi Masih Berpotensi Erupsi, Warga Diimbau Tenang

Taufik Budi
Gunung Merapi Masih Berpotensi Erupsi, Warga Diimbau Tenang
Gunung Merapi mengalami erupsi pada Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB. FOTO/DOK.BPPTKG

YOGYAKARTA - Erupsi Gunung Merapi pada Kamis (13/2/2020) pukul 05.16 WIB mengejutkan warga. Terlebih letusan eksplosif mengakibatkan hujan abu hingga radius 10 kilometer di sekitar gunung.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut letusan eksplosif masih berpotensi terjadi lagi. Indikasinya terpantau bahwa suplai magma dari dapur magma masih terus terjadi.

"Kejadian letusan semacam ini masih dapat terus terjadi sebagai indikasi bahwa suplai magma dari dapur magma masih berlangsung," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida.



"Ancaman bahaya letusan ini berupa lontaran material vulkanik dan awanpanas dengan jangkauan kurang dari 3 kilometer yang bersumber dari bongkaran material kubah lava," katanya.

Meski demikian, warga diimbau tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Mereka juga tak mudah terhasut hoaks atau informasi yang berseliweran tanpa sumber jelas. Warga juga dilarang mendekat puncak gunung hingga radius 3 kilometer.

"Masyarakat untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Gunung Merapi," katanya.

"Untuk informasi resmi aktivitas Gunung Merapi, masyarakat dapat mengakses informasi melalui Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat, radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz, website merapi.bgl.esdm.go.id, media sosial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG, Jalan Cendana No. 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514192," katanya.



(amm)