UNY Miliki Ikon Logo Baru Patung Kembara

Kamis, 13 Februari 2020 - 22:02 WIB
UNY Miliki Ikon Logo Baru Patung Kembara
UNY mersemikan ikon baru berupa patung Kembara di Taman Adimarga, UNY, Kamis (13/2/2020). FOTO :SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Universits Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki ikon baru, yaitu patung logo UNY Kembara yang berada di Taman Adimarga (boulevard).

Patung Kembara dan Taman Adimarga ini Kamis (13/2/2020) diresmikan oleh Rektor UNY, Prof Sutrisno Wibowo. Patung Kembara UNY tersebut dibuat oleh pematung I Nyoman Nuarta.

Prof Sutrisna Wibawa mengatakan keberadaan patung Kembara UNY untuk mengakomodasi pengambilan foto di tepi Jalan Colombo, karena apabila tulisan UNY tertutup masih ada logo UNY berupa patung kembara dan menjadi karya seni monumental. Apalagi ini merupakan satu-satunya karya Nyoman Nuarta di perguruan tinggi.

“Gagasan ini muncul saat saya bertemu dengan Nyoman Nuarta di Bandung beberapa waktu lalu,” kata Sutrisno Wibowo dalam sambutannya.

Pembangunan Taman Adimarga mengandung tiga konsep yaitu green campus, peresapan air dan atmosfir belajar. Konsep green campus ingin menghijaukan kampus. Dimana apabila dilihat dari depan maka UNY masih terlihat hijau dan indah.

Untuk peresapan air telah diperhitungkan dengan adanya peresapan setiap 2 atau 3 meter pada plaza di depan Rektorat sehinggamemperkecil kemungkinan terjadi banjir bila hujan.

“Sedangkan atmosfir belajar, dengan adanya pembangunan taman ini agar dapat digunakan untuk tempat belajar dengan fasilitas kursi, meja dan akses wifi,” paparnya.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Edi Purwanta menambahkan taman di depan Rektorat UNY dibangun dalam waktu dua tahun dengan tujuan
memudahkan akses masuk sehingga tidak mengganggu lalu lintas sebelum pertigaan Gejayan.

Sementara itu Nyoman Nuarta mengatakan, patung Kembara UNY ini untuk rangkanya terbuat dari stainless steel dan kulit patungnya dari tembaga kuningan.
Nama patung Kembara senditi berarti berkelana mencari ilmu.

“Dalam bayangan saya UNY harus mengembara di seluruh nusantara untuk membagi ilmu” kata Pemilik Yayasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) tersebut.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5776 seconds (0.1#10.140)