Pertama Kali, UMY Terjunkan 132 Mahasiswa KKN Tematik Kesehatan

Kamis, 13 Februari 2020 - 14:30 WIB
Pertama Kali, UMY Terjunkan 132 Mahasiswa KKN Tematik Kesehatan
UMY menerjukna 132 KKN tematik kesehatan. Ini merespon permintaan masyarakat terkait kebutuhan di bidang kesehatan. FOTO/DOK Humas UMY
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menerjunkan 132 mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kesehatan. KKN Tematik Kesehatan yang baru pertama kalinya dilakukan ini akan ditempatkan di 12 lokasi di Kabupaten Sleman.

Kepala Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY), Gatot Supangkat mengatakan, sebenarnya mahasiswa Fakultas Kedokteran UMY tidak memiliki kewajiban untuk mengikuti KKN. Namun banyak permohonan dari masyarakat terkait kebutuhan di bidang kesehatan. Ini artinya peran dokter di dalam masyarakat sangat dibutuhkan kehadirannya.

"Namun fokus peserta KKN ketika menjalankan program KKN bukan untuk mengobati tetapi lebih menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan, khususnya yang perlu mendapatkan perhatian adalah kaum lansia," katanya dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Kamis (13/2/2020).

Menanggapi permintaan masyarakat tersebut, UMY pun berkomitmen untuk membantu siapa pun dan tidak pernah membeda-bedakan. "Ke depannya KKN Tematik Kesehatan ini akan berkolaborasi dengan Fakultas lain, karena prinsipnya KKN multy discipline bukan mono discipline. Dengan demikian tiga tujuan KKN akan tercapai," kata Gatot.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pengabdian LP3M UMY Aris Slamet Widodo menyampaikan bahwa keberhasilan sebuah pengabdian masyarakat dinilai dari prosesnya, dan proses akan berhasil apabila banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian.

"Amanah kami kepada para peserta KKN, banyak banyaklah bersinergi dengan masyarakat. Tidak perlu melakukan pembangunan secara fisik karena itu merupakan tugas pemerintah melalui dana desanya. Akan tetapi tugas kita adalah mengajak masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan mereka sendiri," katanya.

Seremoni penerjunan KKN Tematik Kesehatan dilakukan di Gedung Erwin Santosa FKIK UMY, Rumah Sakit PKU Gamping pada Rabu (12/02/2020). Ditandai dengan penyematan Kartu Tanda peserta KKN kepada masing masing ketua kelompok lokasi KKN.

Para peserta KKN Tematik Kesehatan juga dibekali materi tentang Peran Dokter Dalam Perubahan Sosial oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman. Harapannya dengan dibekali materi tersebut mereka sudah siap dengan realita yang terjadi di lapangan ketika KKN berlangsung.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4654 seconds (0.1#10.140)