Purnama Super Snow Moon, Waspadai Ancaman Rob di Pesisir

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:59 WIB
Purnama Super Snow Moon, Waspadai Ancaman Rob di Pesisir
Dampak rob menggenang hingga jalan raya. Ilustrasi/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi akan terjadi fenomena Super Snow Moon pada Selasa 19 Februari 2019. Fenomena ini akan berdampak pada pola pasang maksimum air laut di sejumlah daerah pesisir.

“Adanya fenomena Super Snow Moon di mana posisi bulan dan bumi berada pada perigee atau jarak terdekat yang mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia,” tulis petugas BMKG, dilansir dari akun Twitter @bmkg_semarang, Senin (18/2/2019).



Sejumlah daerah yang patut mewaspadai gelombang pasang air laut di antaranya, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat. Hal ini berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memperhentikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” pungkasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3232 seconds (0.1#10.140)