alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mahasiswa UII Ciptakan Aplikasi Maxstream untuk Bekal Dunia Kerja

Priyo Setyawan
Mahasiswa UII Ciptakan Aplikasi Maxstream untuk Bekal Dunia Kerja
Mahasiswa Manajemen FE UII Yogyakarta Muhammad Yoga Izzani menciptakan aplikasi Maxsteam untuk memberikan skill yang dibutuhkan dunia kerja kepada lulusan perguruan tinggi. Foto/IST

SLEMAN - Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Univeristas Islam Indonesia (FE UII) Yogyakarta Muhammad Yoga Izzani berhasil menciptakan aplikasi E-learning yang diberi nama Maxstream. Selain untuk membekali lulusan perguruan tinggi memasuki dunia kerja, dengan aplikasi tersebut setiap orang dapat belajar skill-skill baru yang nantinya berguna di dunia kerja.

Muhammad Yoga Izzani mengatakan ide pembuatan aplikasi ini dilatarbelakangi tingginya angka pengangguran terdidik karena kurangnya skill yang dimiliki lulusan perguruan tinggi. Sebab, mereka hanya mendapatkan ilmu teoritis di kampus, tanpa mempunyai skill khusus yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, kalangan industri juga berpendapat bahwa pengetahuan dan skill yang dimiliki lulusan tidak sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.

"Oleh karena itu, saya mencoba membuat apllikasi untuk menjembatani lulusan meningkatkan skill, melalui pembelajaran alternatif e-learning maxstream ini," kata mahasiswa  UII angkatan 2015 itu dalam siaran persnya yang diterima SINDOnews, Senin (18/2/2019) .



Untuk belajar hanya diperlukan niat dan kesungguhan karena aplikasi dapat diakses dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Yoga menjelaskan dengan apliklasi ini para peserta E-learning bisa menonton seluruh video pembelajaran kapan pun dan di manapun dari para professional trainer. Dan di akhir episode pembelajaranya akan ada tes online untuk mendapatkan sertifikasi.

"Untuk belajar hanya diperlukan niat dan kesungguhan karena aplikasi dapat diakses dengan mudah di mana saja dan kapan saja," katanya.

Menurut Yoga, aplikasi ini sebenarnya bukan hanya untuk para job seeker, tapi juga bisa digunakan untuk para lulusan yang ingin jadi pengusaha atau para pengejar beasiswa. Pastinya mereka juga membutuhkan spesifik skill yang belum mereka miliki.

"Ke depan, saya berharap akan banyak mahasiswa UII yang bisa ikut program ini. Apalagi hal itu tidak bisa ia dapatkan di bangku kuliah," katanya.



(AMM)

loading...