Unggah Gambar Caleg, ASN Salatiga Dijatuhi Sanksi Disiplin Sedang

Senin, 18 Februari 2019 - 16:57 WIB
Unggah Gambar Caleg, ASN Salatiga Dijatuhi Sanksi Disiplin Sedang
ASN Pemkot Salatiga direkomendasikan dijatuhi sanksi disiplin karena ketahuan tidak netral dalam Pemilu 2019. FOTO/ILUSTRASI/SINDOphoto
A A A
SALATIGA - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan rekomendasikan kepada Pemkot Salatiga dalam hal ini Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) untuk menjatuhkan sanksi terhadap salah seorang aparatur sipil negara (ASN) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinaspersip) Kota Salatiga berinisial IS. ASN tersebut terkena sanksi lantaran kedapatan tidak netral dalam kegiatan Pemilu 2019.

Surat rekomendasi KASN tersebut dilayangkan kepada Wali Kota Salatiga dan ditembuskan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga. Surat tembusan tersebut diterima Bawaslu pada Senin (18/2/2019).

Ketua Bawaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito menjelaskan, IS kedapatan membuat desain poster, spanduk calon legislatif (caleg) Partai Golkar daerah pemilihan Tingkir Febrina pada Oktober 2018 lalu. Kemudian desain poster yang berisi visi, misi, program dan gambar caleg serta logo dan nomor parpol tersebut diunggah disebuah portal online.

"Temuan tersebut langsung kita proses. Setelah melakukan pemeriksaan dan mengantongi bukti-bukti, kami melayangkan rekomendasi ke KASN," katanya, Senin (18/2/2019).

Rekomendasi Bawaslu Kota Salatiga mendapat tanggapan KASN. Pada 30 Januari 2019 lalu, tim KASN ke Bawaslu Kota Salatiga untuk minta keterangan kepada Agung Ari Mursito. "Ya saya jelaskan seputar pokok masalahnya. Dan keputusannya tetap ada di tangan KASN," ujarnya.

Selanjutnya, pada Senin (18/2/2019), Bawaslu Kota Salatiga menerima surat dari KASN. "Inti dari surat KASN tersebut, memberikan rekomendasi mengenai sanksi kepada IS. KASN memberikan sanksi hukuman disiplin sedang kepada IS," katanya.

Sementara itu, Kepala BKDiklatda Kota Salatiga Muthoin saat dikonfirmasi menyatakan, pihaknya belum menerima surat dari KASN tersebut. "Saya sedang rapat di Solo. Tadi ketika hendak berangka ke Solo, surat dari KASN belum ada," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3465 seconds (0.1#10.140)