alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangdam Lantik 216 Bintara Lulusan Dikmaba Rindam IV/Diponegoro

Ahmad Antoni
Pangdam Lantik 216 Bintara Lulusan Dikmaba Rindam IV/Diponegoro
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi saat melantik 216 orang Bintara berpangkat Serda lulusan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA. 2018 di Lapangan Koesen Hiro Hoesodo Rindam IV/Diponegoro, Senin (18/2/2019). FOTO/IST

SEMARANG - Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjend TNI M Effendi melantik 216 orang Bintara berpangkat Sersan Dua (Serda) lulusan Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD TA 2018 di Lapangan Koesen Hiro Hoesodo Rindam IV/Diponegoro, Senin (18/2/2019).

Sebagai lulusan terbaik Dikmaba TNI AD Rindam IV/Diponegoro TA 2018 adalah Serda Risang Lukito, pemuda asal Getasan, Kabupaten Semarang yang merupakan anak seorang petani. Prestasi terbaik kedua diraih Serda Robin Benaja T dari Medan (orang tua swasta). Dan prestasi terbaik ketiga diraih Rifqi Indrian P dari Kebumen (orang tua wiraswasta).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga mengambil sumpah 216 Bintara sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Dia menerangkan, pengambilan sumpah tidak saja karena perubahan status dari sipil menjadi Bintara TNI Angkatan Darat, akan tetapi juga membawa konsekuensi logis sebagai awal dari tuntutan tugas yang harus diemban sebagai abdi negara di bidang pertahanan. Status baru itu merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, TNI, rakyat, bangsa dan negara.



"Pengambilan sumpah ini mutlak dilaksanakan sebagai wujud pengakuan negara terhadap para peserta upacara sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat. Selain itu juga kewajiban bagi seorang prajurit untuk setia secara lahir dan batin kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945," kata Mochamad Effendi.

Pangdam berharap nantinya dapat lahir prajurit-prajurit yang mampu berprestasi. "Jadilah prajurit TNI Angkatan Darat yang dapat dibanggakan oleh keluarga, masyarakat dan TNI Angkatan Darat serta bangsa dan negara," ucapnya.

Para lulusan Bintara tersebut sebelumnya sudah mengikuti Pendidikan Pertama Bintara selama 5 bulan di Sekolah Calon Bintara Rindam IV/Diponegoro di bawah pimpinan Letnan Kolonel Inf Aris Prasetyo.

Usai dilantik, para prajurit Bintara akan menempuh pendidikan lanjutan sesuai dengan kecabangan masing-masing.



(AMM)

loading...