KAI Uji Coba Perpanjangan Rute KA Bandara Adi Soemarmo hingga Klaten

Selasa, 11 Februari 2020 - 13:50 WIB
KAI Uji Coba Perpanjangan Rute KA Bandara Adi Soemarmo hingga Klaten
Kemenhub dan PT KAI menguji coba perpanjangan rute KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Klaten (PP), Selasa (11/2/2020). FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menguji coba perpanjangan rute Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo hingga Stasiun Klaten pulang pergi (PP), Selasa (11/2/2020). Perpanjangan rute dari semula bandara hingga Stasiun Balapan Solo (PP), pertimbangannya karena potensi penumpang dari Klaten sangat besar.

"Setelah uji coba ini, nanti sore kami rapatkan. Kami berharap dapat masukkan banyak, karena ini harus beroperasi terus setelah uji coba," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Danto Restyawan di sela sela uji coba perpanjangan rute KA BIAS Solo hingga Stasiun Klaten, Selasa (11/2/2020).

Rute Stasiun Klaten-hingga BIAS (PP) hingga akhir Februari masih digratiskan. Setelah itu, tarif mulai diberlakukan dan pihaknya berjanji besarannya terjangkau masyarakat.

Dengan perpanjangan rute itu, maka KA Bandara menjadi KA lokal karena tarifnya (Public Service Obligation /PSO) atau kewajiban pelayanan publik. Selain potensi penumpang dari Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten yang tinggi, pertimbangannya juga menyangkut tarif PSO. "Kalau hanya dari Stasiun Balapan sampai BIAS, kami nggak bisa ngasih PSO. Karena yang naik dari Solo ke bandara pasti orang orang yang mampu,” terangnya.

Dengan perpanjangan rute, maka orang Klaten yang mau ke Solo juga dapat terangkut. Sejauh ini, masih dievaluasi berapa tarif yang wajar bagi KA bandara. Jarak tempuh dari Klaten hingga bandara sekitar 43 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. KA Bandara sampai Klaten akan dimasukkan ke jadwal-jadwal longgar.

Selama uji coba, baru sehari dua kali. Namun setelah beroperasi normal, tentunya akan ditambah. KA bandara nantinya akan berhenti di beberapa stasiun di sepanjang perjalanan. Di antaranya Stasiun Kadipiro, Balapan, Purwosari, dan Stasiun Klaten. KA Bandara Adi Soemarmo rencananya akan diresmikan pada akhir Februari mendatang. Namun dirinya belum mengetahui titik lokasi peresmiannya. Ia juga tidak menampik kemungkinan KA Bandara rutenya akan diperpanjang lagi hingga Yogyakarta.

Kepala KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan, uji coba hanya berlangsung dua hari setelah itu dievaluasi. Sebab ada kondisi operasional yang perlu dipastikan dulu. Antara lain terkait kepastian waktu perjalanan. Perpanjangan rute KA bandara tidak mempengaruhi KA reguler, sehingga jadwal perjalanan KA Bandara akan disusun lagi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3269 seconds (0.1#10.140)