Demokrat Ingatkan BUMN Serius Cukupi Kebutuhan Pangan Rakyat

Selasa, 11 Februari 2020 - 13:30 WIB
Demokrat Ingatkan BUMN Serius Cukupi Kebutuhan Pangan Rakyat
Ketua Fraksi Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono mengingatkan BUMN untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat. FOTO/Dok.Partai Demokrat
A A A
YOGYAKARTA - Ketua Fraksi Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab dipanggil Ibas mengingatkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar benar-benar hadir untuk negeri sesuai dengan slogannya"BUMN hadir untuk Negeri". Khusus untuk pangan, BUMN harus bisa menjalankan tugasnya dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat.

"Untuk itu saya mengingatkan kepada direksi BUMN soal kondisi perekonomian dunia yang saat ini kurang kondusif dan kinerja BUMN klaster pangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Ibas dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews dari DPD Partai Demokrat DIY, Selasa (11/2/2020).

Menurut Ibas, walau pun tahun ini perekonomian mengalami banyak tantangan, baik secara domestik maupun global, tapi kebutuhan pangan tidak boleh terganggu. Apalagi Indonesia merupakan tanah gemah ripah loh jinawi.

"Jangan sampai terjadi lagi impor beras besar-besaran sewaktu musim panen raya karena ini membebani petani," katanya.

Ibas juga mengkritik tentang lemahnya koordinasi dari semua stakeholder yang bergerak di bidang pangan agar benar-benar berjalan dengan baik dan sinergis demi mendapat hasil maksimal. Putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut juga menanyakan kepada direksi BUMN klaster pangan soal antisipasi terhadap pernyataan Menkeu Sri Mulyani yang menyebut sektor pertanian dan aneka industri rentan bangkrut.

"Karena itu kami mendukung penguatan kelembagaan regulasi pangan dan gizi yang saat ini sedang digodok oleh Kementan, KKP, dan perusahaan-perusahaan BUMN agar kebijakan pangan Indonesia bisa lebih meningkatkan ketahanan pangan NKRI," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2217 seconds (0.1#10.140)