Kondisi Pele Memprihatinkan, Malu Keluar Rumah Karena Tak Bisa Berjalan

Selasa, 11 Februari 2020 - 08:45 WIB
Kondisi Pele Memprihatinkan, Malu Keluar Rumah Karena Tak Bisa Berjalan
Kini kondisi kesehatan legenda hidup sepak bola Pele kini kurang baik, bahkan tidak bisa berjalan tanpa bantuan. FOTO/AP Photo/Alexander Zemlianichenko
A A A
RIO DE JANEIRO - Masih ingat dengan Pele, legenda hidup sepak bola asal Brasil? Kini kondisi kesehatan pria berumur 79 tahun itu kurang baik, bahkan tidak bisa berjalan tanpa bantuan. Karena itu, dia enggan meninggalkan rumah.

Sang putra, Edinho, prihatin dengan kondisi kesehatan ayahnya, sang legenda pemenang Piala Dunia tiga kali, yang akan berusia 80 pada Oktober, terus menurun setelah menerima perawatan di Paris April lalu karena infeksi saluran kemih.

Pele, yang secara luas dianggap sebagai salah satu seniman sepak bola terhebat dalam sejarah, telah mengalami masalah pinggul selama beberapa waktu. Dia membutuhkan bantuan kruk untuk berjalan, dengan banyak penampilan publiknya di kursi roda.

"Dia malu, dia tidak ingin keluar, terlihat, atau melakukan apa pun yang harus meninggalkan rumah," kata Edinho mengatakan kepada TV Globo di Brasil. "Dia sangat malu-malu, tertutup,"tuturnya.

Edinho mengatakan bahwa dia telah berdebat dengan ayahnya karena dia tidak melakukan fisioterapi setelah operasi pinggul. "Dia sangat rapuh. Dia memiliki masalah pinggul dan tidak memiliki rehabilitasi yang memadai atau ideal," tambahnya.

"Jadi dia memiliki masalah dengan mobilitas dan ini telah menyebabkan semacam depresi. Bayangkan, dia adalah raja, dia selalu sosok yang mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan baik,"jelasnya.

Musim panas ini akan menandai peringatan 50 tahun gelar striker ketiga Piala Dunia, dimenangkan di Meksiko pada tahun 1970 dengan apa yang banyak orang yakini sebagai tim terhebat sepanjang masa.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5353 seconds (0.1#10.140)