Gulai Ikan Belanak Beraroma Daun, Nikmat Disantap Selagi Panas

Senin, 18 Februari 2019 - 11:13 WIB
Gulai Ikan Belanak Beraroma Daun, Nikmat Disantap Selagi Panas
Gulai Ikan Belanak Aroma Daun terasa semakin nikmat disantap selagi panas. Menu ini kaya bumbu khas Nusantara. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Ikan menjadi salah satu bahan masakan yang mudah diolah menjadi menu bersantap bersama keluarga. Salah satunya adalah Ikan Belanak. Ikan ini memiliki rasa gurih dan lezat sehingga sangat disukai pecinta kuliner. Tak heran jika diolah apa saja, menu ini senantiasa disukai penikmatnya. Untuk memberi sensasi berbeda, Anda bisa membuat Gulai Ikan Belanak Aroma Daun.

Makanan yang satu ini bisa dinikmati saat santai bersama keluarga, seperti akhir pecan ini. Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan setiap Minggu, pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya. (Baca juga: Rasa Unik Nasi Goreng Tiwul Wonosalam).

Bahan 1:
700 g ikan belanak, marinasi dengan ½ sdt Desaku Kunyit Bubuk, 1 sdm Desaku Ketumbar Bubuk, 1sdt garam dan 3 sdm air, goreng kering beserta bumbu marinasi
4 batang daun bawang bagian hijaunya potong 2 cm
50 g daun kemangi ambil pucuk dan daunnya
3 ranting daun kari/tumurui/salam koja
10 buah cabe rawit merah
6 sdm minyak goreng
500 ml santan sedang kentalnya
1 saset Desaku Bubuk Gulai
½ sdt garam
1 sdt gula
250 ml santan kental

Bahan 2: (haluskan)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat:
Tumis bumbu halus bahan 2 dengan minyak goreng hingga harum dan matang (minyak bening kembali). Masukan santan kentalnya dan Desaku Bubuk Gulai aduk perlahan hingga larut dan mengembang.

Masukan garam dan gula aduk rata hingga menyusut 50%. Masukkan daun berambang, kemangi, daun kari dan cabe rawit merah, ratakan. Masukkan santan kental, aduk- aduk hingga mendidih kembali santanya, matikan api.

Letakkan ikan belanak yang sudah di goreng diatas piring dan siram dengan kuah gulai. Sajikan selagi panas.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3882 seconds (0.1#10.140)