Toy Story 4 Sabet Penghargaan Film Animasi Terbaik Oscar 2020

Senin, 10 Februari 2020 - 13:30 WIB
Toy Story 4 Sabet Penghargaan Film Animasi Terbaik Oscar 2020
Film Toy Story 4 menjadi Film Animasi Terbaik Oscar 2020. FOTO/ISTIMEWA
A A A
LOS ANGELES - Toy Story 4 meraih piala Oscar 2020 untuk kategori Film Animasi Terbaik. Film yang diperankan Tom Hanks itu mengalahkan film animasi lainnya, seperti How to Train Your Dragon: The Hidden World, Missing Link, I Lost My Body, dan Klaus.

Dilansir Variety, tahun ini Academy Awards ke-92 teleh menerima banyak kritik. Ini karena kegagalan mereka untuk mencalonkan sutradara perempuan dan orang berkulit hitam. Hanya satu nomine berkulit hitam di kategori acting, yakni Cynthia Erivo untuk film Harriet dan tidak ada sutradara wanita yang termasuk di antara pembuat film yang dinominasikan.

Hanya lima sutradara wanita yang pernah dinominasikan dalam sejarah panjang Oscar hampir sepanjang abad. Itu pun hanya satu yang menang yakni Kathryn Bigelow - The Hurt Locker.

Sementara itu, dalam sepotong protes haute couture, presenter Natalie Portman mengenakan jubah Dior yang dibordir dengan nama-nama wanita seperti Greta Gerwig (Little Women) dan Lulu Wang (The Farewell), yang film-filmnya tahun lalu dihina dalam penyutradaraan. Hal ini juga merupakan topik yang muncul dalam beberapa pidato penerimaan.

"Representasi sangat berarti. Terutama dalam kartun. Karena dalam film kartun itulah pertama kali kita melihat film dan bagaimana kita membentuk kehidupan kita dan bagaimana kita berpikir tentang bagaimana kita melihat dunia," kata Karen Rupert Toliver, sutradara film animasi pendek terbaik Hair Love, kisah seorang pria kulit hitam yang harus menata rambut putrinya untuk pertama kalinya.

Oscar 2020 yang dihelat diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (9/2/2020) waktu setempat ini dimulai dengan Janelle Monae dan Billy Porter menyanyikan A Beautiful Day in the Neighborhood dan Come Alive, dengan lirik asli yang didedikasikan untuk nominasi.

Monae membumbui pembuka dengan anggukan kurangnya keragaman di antara nominasi, memuji sutradara wanita yang membuat film fenomenal, dan mencatat bahwa dia bangga menjadi artis wanita berkulit hitam.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9996 seconds (0.1#10.140)