alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Binti Mufarida
BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Hujan lebat disertai angin kencang diprediksikan terjadi hingga pekan depan di sejumlah wilayah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terdapat sirkulasi di perairan barat Aceh, di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan di Teluk Carpentaria.

Konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Bengkulu, dari Utara Kalimantan Barat hingga Kalimantan Barat, di Selat Jawa dan dari Sulawesi Selatan hingga Laut Arafuru. Daerah belokan angin terdapat di Aceh, Selat Karimata, Kalimantan bagian barat dan Maluku.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga telah memberikan keterangan, pihaknya telah memprakirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan sedang hingga lebat hingga 13 Februari 2020. "Secara umum wilayah Indonesia hingga 13 Februari 2020 hampir merata di berbagai pulau besar Indonesia, mulai Aceh sampai Papua alami hujan harian dengan intensitas sedang hingga lebat," katanya.



Dwikorita mengatakan, BMKG memprediksi terdapat 17 wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang, di antaranya Pulau Jawa, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, hingga Kepulauan Bangka Belitung. "Sedangkan potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di 10 wilayah, seperti Kepulauan Riau, Lampung, Yogyakarta, dan Bali," ungkapnya.

Dwikorita pun mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir, banjir bandang, dan longsor. "Perlu diwaspadai potensi banjir, banjir bandang, longsor," tegasnya.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat berdasarkan prediksi BMKG:
Kepulauan Riau, Lampung, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir:
Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.



(nun)