alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Calon Ketum PAN yang Dapat Restu Amien Rais Berpeluang Menang

Rakhmatulloh
Calon Ketum PAN yang Dapat Restu Amien Rais Berpeluang Menang
Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020. Empat kader menyatakan diri siap maju sebagai calon ketua umum.

Calon yang didukung Amien Rais berpeluang menang.Diketahui, mereka yang akan memperebutkan kursi ketua umum PAN dalam Kongres V PAN tersebut adalah Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Dradjad H Wibowo, dan Zulkifli Hasan.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, keempatnya merupakan kader-kader terbaik di PAN. Mereka memiliki peluang yang sama untuk bisa menang.



"Tapi yang akan unggul kemungkinan besar tetaplah bakal calon ketum yang didukung oleh Amien Rais (AR)," kata Ujang saat dihubungi SINDOnews, Minggu (9/2/2020).

Menurut Ujang, jika melihat tradisi pemilihan ketum di PAN, yang didukung AR-lah biasa yang akan unggul. Karena, pengaruh AR di PAN masih besar.

Plus Minus Empat Calon Ketum PAN

Ujang Komarudin menyebut keempat calon memiliki kelebihan dan kekurangan. Keunggulan Mulfachri Harahap adalah muda. Selain itu, dia satu paket dengan calon sekjen PAN Hanafi Rais, dan mendapat dukungan AR. Minusnya akan dibenci pendukung Zulkifli Hasan (Zulhas).

"Zulhas, incumbent. Peluangnya ada. Minusnya tak didukung AR. Sehingga bisa melemahkan Zulhas sendiri," ujarnya.

Sementara, Dradjad Wibowo dianggap orang dekatnya AR. Ekonom Indonesia. Kader PAN yang loyal ke AR. Minusnya, Dradjad harus bisa meyakinkan AR

"Asman Abnur, mantan menteri. Kader senior. Minusnya kontra dengan AR," pungkas analis politik asal Universitas Al Azhar Indonesia itu.



(nun)