Cap Go Meh 2571, Wabup Batang Ajak Junjung Persatuan dan Kebersamaan

Minggu, 09 Februari 2020 - 13:49 WIB
Cap Go Meh 2571, Wabup Batang Ajak Junjung Persatuan dan Kebersamaan
Perayaan Cap Go Meh 2571 di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Batang, Sabtu ( 8/3/2020) malam. FOTO : Dok Humas Pemkab Batang
A A A
BATANG - Warga keturunan Tionghoa di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang merayakan Cap Go Meh 2571 di Aula Yess Steak and Resto Limpung, Batang, Sabtu ( 8/3/2020) malam. Tampak hadir Wakil Bupati Batang Suyono, Kapolres Batang AKBP Abdul Waras, dan Forkopincam Limpung.

Dalam sambutanya, Suyono menekankan pentingnya menjungjung rasa persatuan dan kebersamaan ditengah-tengah perbedaan untuk membangun bangsa yang bermartabat.

"Lebih dari 724 suku di Indonesia berjuang, bekerja keras mengorbankan nyawanya demi memerdekakan bangsa dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan saling toleransi," kata Suyono.

Perayaan Cap Go Meh di Kecamatan Limpung sudah kali kedua, bahkan di kabupaten Batang. Tradisi imlek sudah diperingati sejak 2571 tahun lamanya, maka untuk itu harus terus dijaga dan dilestarikan para generasi mudanya.

"Toleransi di Negara Indoensia sudah ada sejak dulu. Karena kita lahir dari kebergaman agama, ras dan suku. Intoleran bukan ajaran dan budaya kita untuk membangun bangsa yang besar" tegasnya.

Untuk menjadi Bangsa besar, kata Suyono, harus memiliki semangat persatuan dan kebersamaan yang dilandasi dengan semangat kerukunan umat beragama serta ikut mendukung program-program Pemerintah.

Kapolres Batang, AKBP Abdul Waras mengatakan, Perbedaan adalah karunia Allah SWT yang diberikan pada bangsa Indonesia. "Kita gelorakan untuk saling menghargai, menghormati, bekerjasama sebagai anak bangsa, bukan saling menjelekan bahkan mengkafir-kafirkan,"ujar Abdul Waras.

Menurutnya, Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan pada umatnya untuk hidup rukun, saling berdampingan dan menjungjun tinggi kedamaian. "Islam tidak mengajarkan kekerasan, kalau ada kekarasan dalam ajaranya maka bisadipertanyakan ke Islamanya, karena menyimpang ajaran Nabi Mumahmmad SAW," tegasnya.

Sementara Panitia Perayaan Cap Go Meh 2571, Edi Sansoto menambahkan, tahun 2020 sesuai dengan penanggalan Cina adalah shio tikus logam yang mempengaruhi satu tahun kedepan. "Tahun tikus logam memiliki arti penting seperti kecerdikan, pintar, dan pandai bergaul namun penuh kehati-hatiaan," ujarnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9020 seconds (0.1#10.140)