Soal Energi Terbarukan, Jokowi-Prabowo Kompak Tingkatkan Produksi Sawit

Minggu, 17 Februari 2019 - 22:26 WIB
Soal Energi Terbarukan, Jokowi-Prabowo Kompak Tingkatkan Produksi Sawit
Capres Jokowi dan Prabowo Subianto kompak terkait pengurangan penggunaan energi fosil dengan meningkatkan produksi kelapa sawit. FOTO/SINDOnews/ISRA TRIANSYAH
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto kompak terkait pengurangan penggunaan energi fosil. Penggunaan kelapa sawit akan ditingkatkan agar menjadi sumber energi terbarukan.

Jokowi menyebutkan potensi kelapa sawit di Indonesia memiliki peluang yang besar dalam mengurangi ketergantungan fosil.

"Sawit komoditas kita dan menjanjikan. Kita bisa gunakan sawit dengan biodiesel dan biofuel. Kita sudah bisa B20. Saya sangat optimis kita sangat mampu swasembada di bidang energi dan kita bisa kembangkan ke biodiesel," ujar Jokowi dalam Debat Calon Presiden edisi kedua di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Senada, Prabowo mengatakan kelapa sawit merupakan produk yang menjanjikan untuk swasembada energi.

"Saya sangat optimis kita sangat mampu swasembada di bidang energi, kelapa sawit sangat menjanjikan. Kita bisa memanfaatkan produk-produk kelapa sawit untuk biofuel dan biodiesel. Ini bisa tingkatkan pendapatan petani kita," papar Prabowo.

Mengenai penggunaan biodiesel, Jokowi akan melanjutkan program B20 hingga B100. "Kita telah memulai B20 dan sudah berproduksi 98%. Kita ingin menuju ke B100 sehingga kita harapkan total produksi biofuel bisa digunakan untuk mengurangi energi fosil," jelasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8649 seconds (0.1#10.140)