alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Hijau yang Gurih

Tedy Ahmad
Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Hijau yang Gurih
Rempeyek atau peyek terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, kemudian diberi bumbu dan topping, seperti kedelai. Foto/Instagram

JAKARTA - Selain kerupuk, rempeyek adalah teman makan yang cukup disukai masyarakat. Rasanya yang gurih mampu memberikan sensasi berbeda di mulut.

Rempeyek terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, kemudian diberi bumbu, dan diberi bahan pengisi yang khas, sepeti kacang tanah atau kedelai.

Namun, Rudy Choirudin berbagi resep cara membuat Rempeyek Kacang Hijau. Anda yang penasaran bisa melihat proses membuatnya dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB.



Bahan 1:
100 g Kacang Hijau
1 sdt Garam
2 siung Bawang Putih, haluskan
350 ml Air

Bahan 2: (blender)
3 siung Bawang Putih
3 butir Kemiri, sangrai
5 lembar Daun Jeruk
3 cm Kencur
1½ sdt Garam
100 ml Santan Kental

Bahan 3:
1 butir Telur
250 g Tepung Beras
300 ml Santan Kental
1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
½ sdt Desaku Kunyit Bubuk

Bahan 4:
1 liter Minyak Goreng

Cara membuat:
Rebus air, garam dan bawang putih hingga mendidih. Masukkan kacang hijau, rebus selama 1 menit hingga kacang hijau mekar. Matikan api dan sisihkan.

Haluskan bahan 2. Tuang bumbu halus ke dalam tepung beras, aduk hingga menjadi adonan yang licin. Masukkan telur dan santan sedikit demi sedikit, aduk hingga mulai berbuih.

Tambahkan Desaku Ketumbar Bubuk dan Desaku Kunyit Bubuk, aduk rata. Ambil satu sendok sayur adonan tepung dan beri 1 sdt kacang hijau.

Panaskan minyak goreng, masukkan adonan pada dinding wok, goreng hingga kekuningan, lakukan hingga semua adonan habis. Angkat dan tiriskan. Rempeyek siap dihidangkan atau disimpan di dalam toples.



(amm)