Debat Kedua Capres Berlangsung 90 Menit, Ini Rundown Acaranya

Minggu, 17 Februari 2019 - 17:03 WIB
Debat Kedua Capres Berlangsung 90 Menit, Ini Rundown Acaranya
Debat kedua Pilpres 2019 akan digelar di Hotel Sultan Jakartadan akan disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNCTV, dan iNews TV, Minggu (17/2/2019). Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sekitar tiga jam lagi, debat kedua calon presiden (capres) akan digelar di Hotel Sultan Jakarta. Debat yang hanya diikuti Joko Widodo dan Prabowo Subianto ini akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNCTV, dan iNews TV.

Debat yang akan dipandu mederator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini akan mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan menjelaskan bahwa dalam debat kedua nanti akan terbagi beberapa segmentasi. Pembagian segmen ini terlihat tidak berbeda jauh seperti acara debat perdana yang digelar pada tanggal 17 Januari yang lalu di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

"Secara umum debat kedua akan meliputi enam segmen. Yang berbeda di segmen keempat, kita menamai sesi eksploratif. Kita meyakinkan mekanisme debat yang berbeda dengan debat pertama kita berharap format ini akan lebih memungkinkan kandidat tampil lebih bersinar, natural, dan eksploratif," ujar Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Debat kedua nanti akan berlangsung selama 90 menit dan dibagi sebanyak enam segmen. Pada segmen pertama nantinya setiap calon presiden (Capres) akan memaparkan visi-misi dengan durasi 23 menit 15 detik untuk keduanya. (Baca Juga: Debat Kedua Capres, Jokowi dan Prabowo Harus Duel Gagasan)

Pada segmen kedua, akan dilakukan pendalaman visi-misi pasangan calon dengan menjawab pertanyaan yang dibuat panelis. Pendalaman ini, terkait visi-misi yang menyangkut isu energi dan pangan serta infrastruktur dengan waktu 15 menit 30 detik untuk kedua capres.

Selanjutnya, segmen ketiga capres juga akan mendalami visi-misi tentang isu sumber daya alam dan lingkungan hidup. Mereka diberikan waktu selama 15 menit 30 detik untuk keduanya.

Adapun, segmen keempat akan menjadi sesi yang berbeda dari debat pertama. Sesi ini disebut segmen eksploratif di mana KPU akan menampilkan sebuah video berdurasi 30-60 detik yang kemudian setiap capres akan menanggapi hal itu.

Pertanyaan telah diaktualisasikan dalam bentuk video dan berasal dari panelis. Video telah dipilih oleh Ketua KPU di segmen pertama. "Di situlah kita bisa melihat kemampuan eksploratif kandidat untuk memahami dan mencari solusi atas isu," jelas Wahyu. (Baca Juga: Mahfud MD Nilai Debat Kedua Capres Akan Lebih Genuine)

Pada segmen eksploratif ini juga setiap kandidat tidak akan diberi batas waktu ketika berbicara. Di sini, peran moderator akan sangat penting untuk memandu kedua capres menyampaikan pendapatnya dan saling menanggapi jawaban lawan. Adapun, waktu keseluruhan untuk segmen keempat yaitu selama kurang lebih 20 menit.

Selanjutnya, pada segmen kelima kedua capres akan saling bertanya selama kurang lebih 20 menit. Wahyu mengatakan segmen ini juga tak diberi batas waktu untuk masing-masing jawaban dan tanggapan agar capres lebih fleksibel.

"Sesi kelima ini namanya segmen inspiratif. Format itu lebih memungkinan kandidat tampil lebih rileks, lebih original, lebih eksploratif," kata Wahyu.

Pada segmen terakhir yakni keenam, akan diisi dengan pernyataan pamungkas dari kedua pasangan capres. KPU memberikan waktu selama 11 menit 30 detik untuk keduanya.

Wahyu pun mengungkapkan KPU berencana menyiapkan format baru dalam segmen keenam ini. Dia mengatakan selain penyataan pamungkas, pada segmen ini moderator akan memberikan pertanyaan kejutan untuk kedua capres.

"Kami akan membuat atmosfer yang berbeda, misalnya dengan pertanyaan apa alasan publik harus memilih Anda sebagai presiden? Kelihatannya ini pertanyaan sederhana tetapi tidak mudah untuk dijawab," tuturnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1933 seconds (0.1#10.140)