alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Partai Gerindra Dukung Anak Jokowi di Pilwalkot Solo

Ary Wahyu Wibowo
Partai Gerindra Dukung Anak Jokowi di Pilwalkot Solo
Ketua DPC Partai Gerindra Solo Ardianto (tengah) saat memberikan keterangan pers terkait dukungan kepada putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam Pilwalkot Solo, Jumat (7/2/2020). Foto: Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto menyatakan partainya mendukung pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wali Kota Solo tahun 2020. Dukungan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut setelah ada persetujuan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Oleh Pak Prabowo, kemarin Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah diajak bicara. Ketua kami menyampaikan ke Pak Prabowo dengan tanda kutip, dukungan sudah ke Mas Gibran. Tapi sekali lagi tetap harus menunggu rekomendasi DPP PDIP,” kata Ardianto dalam keterangan persnya di Solo, Jumat (7/2/2020).

Dukungan terhadap Gibran diibaratkan seperti angin yang sudah segar. Sebab restu dukungan ke Gibran sudah didapatkan dari Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo diakui sangat seksi untuk dibicarakan dan menarik perhatian nasional. Jika Gibran tidak mendapat rekomendasi dari PDIP, maka Gerindra siap mengusungnya bersama sejumlah partai lainnya.



Komunikasi dengan beberapa partai sudah dilakukan dan mereka siap mengusung ayah Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah tersebut dalam Pilwalkot Solo. Partai yang dimaksud adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar. Jika itu terjadi, kader Partai Gerindra meminta dirinya mendampingi Gibran sebagai Calon Wakil Wali Kota Solo.

Meski baru sebatas mimpi, namun jika kenyataannya nanti ternyata ke arah sana, secara pribadi dirinya siap jika ditunjuk DPP Partai Gerindra. Pilihan terhadap Gibran karena pihaknya menginginkan suatu perubahan di Kota Solo. Pihaknya menilai pertumbuhan pembangunan di Kota Bengawan masih lambat. Berbeda jika yang menjadi pemimpin seorang yang fresh, anak muda dengan lompatan lompatan yang luar biasa.

Maka diyakini perubahan Kota Solo juga akan luar biasa. Jika rekomendasi DPP PDIP turun kepada Gibran, diakui kemungkinan melawan kotak kosong dalam Pilwalkot Solo menjadi sangat besar. Sebab sebagian besar partai arahnya memberikan dukungan kepada Gibran. Selanjutnya, DPC Gerindra Solo akan menemui Gibran terkait dukungan yang diberikan.

Jika rekomendasi DPP PDIP turun namun Gibran diberikan porsi sebagai Calon Wakil Wali Kota, pihaknya tidak mendukung. Sebab dukungan untuk Gibran adalah sebagai Calon Wali Kota Solo. Pihaknya juga tidak tertarik untuk memberikan dukungan kepada calon independent. Pada pemilu 2019 lalu, Gerindra di Solo meraup sekitar 25 ribu suara.



(nun)