Mahfud MD Nilai Debat Kedua Capres Akan Lebih Genuine

Minggu, 17 Februari 2019 - 13:06 WIB
Mahfud MD Nilai Debat Kedua Capres Akan Lebih Genuine
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD saat diwawancarai awak media terkait debat kedua calon presiden dan wakil presiden di Salatiga, Minggu (17/2/2019). FOTO/SINDOnews/ANGGA ROSA
A A A
SALATIGA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai debat kedua calon presiden yang dijadwalkan digelar nanti malam di Jakarta akan lebih genuine (asli) dan original. Karena dalam debat nanti malam tidak ada kisi-kisi dan terbuka.

"Nanti debatnya terbuka. Apa programnya, apa masalahnya, apa yang dilakukan, apa hambatannya akan terlihat nanti malam. Dan masyarakat bisa menilai nanti siapa yang realistis dan siapa yang bermimpi," kata Mahfud MD saat diwawancarai wartawan seusai melakulan orasi dalam deklarasi alumni Satya Wacana Salatiga dukung Jokowi di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Salatiga, Minggu (17/2/2019).

Mahfud menyakini bahwa debat capres nanti malam akan lebih bagus dan lebih menarik. "Mudah-mudahan masyarakat bisa mengambil pelajaran dari situ (debat capres) dan semua kandidat bisa menyajikan program-programnya dengan baik," ujarnya. (Baca Juga: Menakar Strategi Capres Jokowi dan Prabowo dalam Debat Kedua)

Disinggung mengenai bagaimana cara untuk mewujudkan pemilu demokratis, Mahfud mengatakan, sekarang pemilu demokratis lebih mungkin dilakukan karena instrumen-instrumen konstitusi dan instrumen yuridis lebih lengkap.

"Ada yang menyelenggarakan, ada yang mengawasi dan ada yang memantau. Kalau rakyatnya mau baik, kalau kita semua mau baik maka pemilu ini akan baik," katanya.

Menurut dia, jika pelaksanaan Pemilu 2019 ternyata kacau karena memang ada yang mengacau. Sebab instrumen institusi sekarang sudah lengkap, jadi tidak mungkin pelaksanaan Pemilu kacau kalau tidak ada yang mengacau.

"Bersaing boleh, mendukung siapa saja boleh. Itu perlunya ada pemilu. Ini pesta, tetapi tidak ada pesta yang menimbulkan kesusahan semua pesta menyenangkan, jangan membuat masalah di pesta," pungkasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.5948 seconds (0.1#10.140)