DPRD Kendal Dorong Pemberdayaan Petani dan Nelayan secara Maksimal

Kamis, 06 Februari 2020 - 18:00 WIB
DPRD Kendal Dorong Pemberdayaan Petani dan Nelayan secara Maksimal
Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrembangcam) di Kangkung, Kamis (6/2/2020). FOTO/ISTIMEWA
A A A
KENDAL - Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun berharap perencanaan pembangunan desa disiapkan secara matang supaya potensi desa dapat dikembangkan secara lebih maksimal. Dia menilai Kecamatan Kangkung memiliki potensi yang besar di sektor kelautan dan perikanan selain sektor utama pertanian.

"Desa Ponggok, Klaten, menjadi rujukan pembangunan desa karena keberhasilannya mengelola BUMDes, berangkat dari perencanaan yang matang. Kajiannya melibatkan pakar dari perguruan tinggi dan pihak yang kompeten. Desa-desa di sini bisa melakukan hal yang sama untuk menggali potensi desa masing-masing," kata Makmun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrembangcam) di Kangkung, Kamis (6/2/2020),

Karena itu, melalui forum Musrembangcam, dapat disampaikan usulan-usulan program pembangunan desa yang berbasis pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. DPRD selanjutnya akan mengawal dalam proses penganggaran di APBD 2021 agar program pemberdayaan masyarakat desa dapat diprioritaskan.

"Dalam pembahasan RAPBD tahun 2020, kami mengkritisi anggaran yang diajukan Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kendal yang sebagian besar masyarakatnya petani dan nelayan, tapi anggaran yang riil untuk pemberdayaan petani dan nelayan tidak sampai 30%. Malah 10% saja tidak sampai. Sebagian besar untuk belanja dan rapat-rapat," kata politikus PKB Dapil 6 ini.

Senada juga disampaikan anggota Komisi B DPRD Kendal, Irwan Subiantoro dan Muklisin. Keduanya juga ingin mendorong agar program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dapat menjadi fokus dalam perencananaan pembangunan desa. Menurutnya, selama ini pembangunan desa lebih banyak dihabiskan untuk pembangunan infrastruktur.

"Program pembangunan yang kewenangannya ada pada pemerintah desa dan sudah diusulkan dalam RAPBDes agar tidak diusulkan lagi di forum ini. Di sini fokusnya pada program yang belum bisa dikover oleh desa agar nantinya bisa dianggarkan di APBD. Kami dari dewan akan mengawalnya agar bisa dianggarkan," kata Irwan.

Musrembangcam Kangkung Tahun 2020 dengan tema "Dengan sinergitas pembangunan dan inovasi daerah, kita wujudkan Kendal Permata Pantura di Tahun 2021" yang dipandu Sekretaris kecamatan Kangkung, Ahmadi berlangsung interaktif. Sejumlah pertanyaan disampaikan oleh peserta yang terdiri dari Kades dan BPD se-Kecamatan Kangkung.

Sebagai narasumber Ketua DPRD dan anggota dewan dari Dapil 6, serta Kepala Baperlitbang Kabupaten Kendal yang membidangi perencanaan pembangunan daerah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5499 seconds (0.1#10.140)