alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hebat, 10 Tahun Tinggal di Gua Kakek Ini Tetap Sehat

Andhy Eba
Hebat, 10 Tahun Tinggal di Gua Kakek Ini Tetap Sehat
La Udu, seorang kakek yang tinggal dalam gua di pesisir Karang, Baubau, Sultra menjalani pemeriksaan kesehatan, Rabu (6/2/2020). Foto/iNews TV/Andhy Eba

BAUBAU - La Udu, seorang kakek di pesisir Karang, Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama 10 tahun tinggal di gua lantaran tak punya rumah. Rabu (6/2/2020), La Udu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan Polres Baubau.

Pemeriksaan kesehatan berlangsung saat rombongan petugas dari Polres Baubau mendatangi gua tempat tinggal kakek tua di pesisir Karang, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Baubau.

Saat ditemui, La Udu, sang manusia gua terbaring di celah batu, tempat peristirahatan untuk berlindung dari terpaan angin laut. Sesaat kemudian La Udu menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis. Pemeriksaan ini dilakukan mengingat Lau Udu rentan akan bahaya penyakit yang kerap diderita para lanjut usia (lansia) pada umumnya.



Hasil pemeriksaan mengejutkan, La Udu tidak pernah mengalami sakit serius selama bertahan hidup di dalam gua, meski kerap menahan lapar hingga berhari-hari lantaran tak memiliki bahan makanan.

Seusai pemeriksaan kesehatan, Polres Baubau menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa perlengkapan masak dan sembako. Rencananya pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, terkait percepatan pembangunan rumah hunian untuk kakek La Udu.

Sebelumya kakek La Udu di temukan tinggal dalam goa di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Baubau. Hal yang mengejutkan ternyata kakek tua ini sudah tinggal selama 10 tahun di dalam goa.

Kakek La Udu mengandalkan hasil laut untuk bertahan hidup. Terkadang juga memakan tumbuhan liar untuk di konsumsi sehari-hari.



(nun)