Begini Penjelasan PMI Seputar Virus Corona

Kamis, 06 Februari 2020 - 08:32 WIB
Begini Penjelasan PMI Seputar Virus Corona
Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana virus itu bisa menular, termasuk cara mencegahnya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Virus corona China terus memakan korban. Hingga hari ini Kamis (6/2/2020), tercatat jumlah korban meninggal akibat wabah itu sudah mencapai 564 orang.

Terkait hal itu, Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan penjelasan mengenai apa dan bagaimana virus itu bisa menular, termasuk cara mencegahnya.

Tanya Jawab Seputar Coronavirus atau Virus Corona

1. Apakah Novel Coronavirus (2019-nCoV)?

Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah jenis baru coronavirus yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

2. Apa saja gejala Novel Coronavirus (2019-nCoV)?

Gejala umum berupa demam ?380C, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas. Jika ada orang dengan gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke China (terutama Wuhan), atau pernah merawat/kontak dengan penderita 2019-nCoV, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

3. Bagaimana manusia bisa terinfeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV)?

Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana manusia bisa terinfeksi virus ini. Para ahli masih sedang melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, cara penularan dan pola klinis serta perjalanan penyakit. Hasil penyelidikan sementara dari beberapa institusi di kota Wuhan, sebagian kasus terjadi pada orang yang bekerja di pasar hewan/ikan, namun belum dapat dipastikan jenis hewan penular virus ini. Hingga saat ini dilaporkan adanya penularan antar manusia yang terbatas (antar keluarga dekat dan petugas kesehatan yang merawat kasus).

4. Benarkah novel coronavirus berasal dari kelelawar atau hewan lainnya?

Sampai saat ini hewan penular 2019-nCoV belum diketahui. Akan tetapi dicurigai penularan dari hewan liar yang ada di pasar hewan Huanan, Wuhan. Reservoir penular SARS-Cov juga di curigai berasal dari hewan liar seperti, Luwak dan kelalawar.

5. Bisakah manusia terinfeksi novel coronavirus dari hewan?

WHO terus memantau situasi untuk mengidentifikasi bagaimana orang-orang terpapar.Saat ini tidak ada bukti langsung bahwa kasus manusia terpapar melalui kontak langsung dengan hewan karena hewan penularnya belum diketahui.

6. Apakah sudah ada vaksin atau obat untuk Novel Coronavirus?

Belum ada vaksin atau pengobatan spesifik untuk virus ini. Butuh beberapa tahun untuk mrngembangkan vaksin baru. Namun, gejala yang disebabkan oleh virus ini dapat diobati. Oleh karena itu pengobatan harus didasarkan pada kondisi klinis pasien dan perawatan suportif dapat sangat efektif.

7. Berapa banyak orang yang telah terinfeksi oleh novel coronavirus dan negara mana saja yang sudah ada kasusnya?

WHO secara ketat memantau situasi terkini dan secara teratur menerbitkan informasi tentang penyakit ini. Informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini dapat dilihat melalui: Info Coronavirus WHO Online atau Arsip Berita Update Coronavirus.

8. Seberapa luaskah penyebaran novel coronavirus ini?

Tidak diketahui seberapa luas penyebaran virus ini. Oleh karena itu, tetap mewaspadai kasus infeksi pernapasan akut yang parah (Severe Acute Respiratory Infection-SARI). Negara yang terkonfirmasi Coronavirus :

China, Thailand, Hong Kong, Japan, Singapore, Australia, Taiwan, Malaysia, Macau
South Korea, USA, France, Germany, United Arab Emirates, Canada, Italy,Vietnam
Cambodia, Finland, India, Nepal, Philippine, Srilanka

9. Apakah petugas kesehatan berisiko terkena novel coronavirus?

Petugas kesehatan lebih sering melakukan kontak dengan pasien dengan berbagai jenis penyakit menular, sehingga cukup rentan tertular berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, petugas kesehatan secara konsisten harus selalu menggunakan alat pelindung diri saat merawat pasien.

10. Apakah novel coronavirus seperti SARS?

SARS adalah coronavirus yang diidentifikasi pada tahun 2003 dan termasuk dalam keluarga besar virus yang sama dengan novel coronavirus. Gejalanya mirip dengan infeksi 2019-nCoV, namun SARS lebih berat.

11. Apakah sudah ada pembatasan untuk bepergian ke China?

Per 31 Januari 2020 WHO telah menetapkan 2019-nCoV sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia. WHO menyarankan negara-negara untuk tidak membatasi perjalanan dan perdagangan ke China; untuk mendukung negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah; mempercepat pengembangan vaksin dan perawatan; menghentikan penyebaran desas-desus dan informasi yang salah;

Namun demikian pelaku perjalanan ke China harus tetap waspada selama di China dengan menjaga kesehatannya, atau disarankan menunda perjalanan ke Cina karena risiko penyakit ini masih sangat tinggi di China.

12. Amankah bepergian membawa anak-anak ke negara terjangkit/China?

Saat ini jika tidak ada keperluan yang mendesak disarankan tidak merencanakan bepergian ke China, apalagi membawa anak-anak.

13. Bagaimana Pencegahan Viruscorona ?

• Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/ kekebalan tubuh meningkat.
• Mencuci tangan menggunakan sabun. Mencuci tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.
• Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lengan (bukan dengan telapak tangan).
• Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.
• Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah dan cucilah tangan Anda.
• Hindari kontak dengan hewan ternak dan hewan liar yang terbukti tertular coronavirus.
• Jangan makan daging yang tidak dimasak hingga matang
• Jika Anda berencana berkunjung ke daerah/ negara dimana virus ini ditemukan seperti Cina, terutama kota Wuhan berhati-hatilah dan jagalah kesehatan anda.
• Jika Anda mengalami gejala mirip dengan kasus tersebut setelah pergi ke negara-negara tersebut, Anda tidak perlu panik. Segeralah ke rumah sakit dan beritahukan kepada petugas kesehatan tentang riwayat perjalanan Anda
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8833 seconds (0.1#10.140)