Mahasiswa asal Yogyakarta Tunjukkan Video Kota Hangzhou Sepi Penghuni

Selasa, 04 Februari 2020 - 14:30 WIB
Mahasiswa asal Yogyakarta Tunjukkan Video Kota Hangzhou Sepi Penghuni
Kondisi jalanan di Kota Hangzhou, China sangat sepi. Foto/Screenshot video Muhammad Bahrun Najah
A A A
YOGYAKARTA - Virus corona yang mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei, telah berdampak pada hampir seluruh daerah di China. Kota-kota sepi banyak ditinggalkan warganya untuk menghindari virus mematikan tersebut.

Seperti di kampus Zhejiang University of Technology di Hangzhou, China. Dalam sebuah video yang diambil oleh mahasiswa asal Yogyakarta, Muhammad Bahrun Najah, kampus terlihat sepi. Hanya petugas yang berjaga di area kampus dan sekeliling Hangzhou, termasuk area transportasi publik. Kota begitu sepi bak kota mati. Beberapa toko yang menjual kebutuhan sehari-hari juga tutup.

Bahrun mengaku harus melewati proses pemeriksaan suhu tubuh setiap kali ingin menggunakan transportasi. "Seluruh tempat publik di sini seperti, transportasi publik dan kantor kami harus dicek dulu suhunya," katanya sambil menunjuk petugas di stasiun bawah tanah.

Dia juga menginformasikan kondisi mahasiswa Indonesia di sana. Untuk sementara, semua kebutuhan disediakan international office. "Untuk saat ini mahasiswa yang bertahan di Hangzhou diberi bantuan dari international office," ujarnya.

Semua warga yang bertahan di Hangzhou harus menghubungi international office jika ingin membeli kebutuhan pokok atau membuka toko di lokasi tersebut. Mereka diimbau tidak banyak beraktivitas di luar rumah terlalu lama untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

"Jadi siapa yang ingin membeli bahan makanan, nanti hubungi international office nanti akan dibelikan," ucapnya.

Dalam video yang diterima iNews, kondisi jalanan di Hangzhou begitu sepi. Mahasiswa semester 8 Jurusan Teknik Sipil ini terus meng-update informasi soal kondisi tempatnya tinggal di China agar bisa dilihat oleh keluarga serta pemerintah Indonesia.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6213 seconds (0.1#10.140)