1001 Penari Kompak Menari Tarian Ratoh Jaroe di Balai Kota Solo

Minggu, 02 Februari 2020 - 13:59 WIB
1001 Penari Kompak Menari Tarian Ratoh Jaroe di Balai Kota Solo
Para penari saat membawakan tarian Ratoh Jaroe asal Aceh di Halaman Balai Kota Solo, Mingggu (2/2/2020). FOTO : SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Sebanyak 1001 pelajar, mahasiswa dan Polwan tampil memukau saat membawakan Tarian Ratoh Jaroe di Halaman Balai Kota Solo, Mingggu (2/2/2020). Gerakan tangan yang selaras oleh para penari, membuat tarian Propinsi Nangroe Aceh Darussalam menjadi indah untuk dinikmati.

Agar para penari yang berasal dari pelajar dan Polwan di jajaran Polres di wilayah Surakarta bisa kompak, panitia penyelenggara telah melakukan persiapan sejak November 2019 lalu. Acara juga menghadirkan Rafli Kande, seniman asal Aceh.

“Solo dan Aceh merupakan kota yang kental dengan budaya, makanya kami mempunyai misi untuk perpaduan budaya,” kata Ketua Panitia Garapan Massal 1001 penari se-Soloraya Mohammad Izzul Mukhtar, Minggu (2/2/2020).

Para pelajar yang ikut ambil bagian, lanjutnya, berasal dari 24 sekolah di Kota Solo, empat jajaran Polres di Soloraya, dan tiga universitas. “Saya melihat Aceh mendapat apresiasi yang sangat luar biasa. Ini adalah keterbukaan Solo, menjadi citarasa yang luar biasa,” ungkap Rafli Kande, seniman asal Aceh usai acara.

Solo juga dinilai sebagai representasi pembangunan peristiwa seni budaya nusantara. Sehingga khasanah nusantara terwakili di Solo. Dengan demikian, Solo sudah dikenal di dunia. Rencananya, tarian asal Solo juga akan dibawa ke Aceh. “Nanti akan kami adakan workshop dan diadakan perayaan perayaan,” tuturnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6357 seconds (0.1#10.140)